Jumat, 30 Juli 2021

Bupati Sintang Lantik 4 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

2 Juli 2021

FOTO: Bupati Sintang Lantik 4 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

SINTANG, DN – Bupati Sintang Jarot Winarno melantik dan mengambil sumpah jabatan 4 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang di Pendopo Bupati Sintang, pada Jumat, 2 Juli 2021.

Hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang  Maria Magdalena, Anggota Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, dan istri pejabat yang dilantik.

Dalam amanatnya Jarot menyampaikan bahwa pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama pada hari ini telah melalui tahapan seleksi terbuka secara ketat yang didasarkan pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019.

“Jabatan Pimpinan Tinggi mempunyai fungsi memimpin, memotivasi dan menjadi tauladan bagi setiap pegawai pada organisasi saudara, karena itu hendaknya saudara mempunyai kemauan yang kuat, memiliki wawasan yang luas dan siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan. Dengan demikian saya harap saudara-saudara dapat menjadi motor penggerak organisasi yang saudara pimpin. Tentunya harus didukung penuh oleh bawahan, karena itu bangun koordinasi dan pupuk kerjasama yang baik dengan bawahan di lingkungan OPD saudara, sehingga tugas dan amanah organisasi dapat berjalan dengan lancar dan sukses dengan harapan akan lebih baik dimasa yang akan datang,” tegasnya.

Jarot menjelaskan untuk empat orang Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah yang sudah di lantik agar senantiasa menjalin hubungan yang baik dan harmonis dengan pimpinan dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Sintang serta Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang dan dengan pimpinan OPD lainnya.

“saya juga berharap agar ibu-ibu dapat mendukung tugas suami dan aktif berperan dalam kegiatan Dharma Wanita Persatuan baik yang masuk dalam kepengurusan maupun anggota, agar tujuan untuk mengembangkan dan membina Dharma Wanita Persatuan menjadi istri Pegawai Negeri Sipil yang profesional dan berkualitas dalam mencapai program kerja Dharma Wanita baik pada OPD saudara maupun di lingkup kabupaten dapat tercapai dengan lebih baik kedepannya,” terangnya.

“selain itu, menyikapi kondisi saat ini, dimana wabah pandemi covid-19 masih belum hilang di Indonesia dan secara khusus di Kabupaten Sintang, saya harapkan kedisiplinan dan kepatuhan mengikuti protokol kesehatan tetap harus kita laksanakan. Mari samakan cara pandang kita, maksimalkan rasa empati untuk bisa menyelesaikan persoalan pandemi covid-19 ini,” tambahnya.

Jarot menjelaskan dari enam jabatan yang di lelang hanya ada empat Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik karena telah mendapatkan rekomendasi atau persetujuan dari Menteri Dalam Negeri berdasarkan Surat Nomor: 821/3509/SJ tanggal 17 Juni 2021 dan dari Komisi Aparatur Sipil Negara berdasarkan Surat Nomor: B-1736/KASN/05/2021 tanggal 4 Mei 2021.

“sedangkan untuk dua jabatan lainnya yakni Inspektur Kabupaten Sintang dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatataan Sipil belum dapat dilantik bersamaan pada saat ini, karena ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar pejabat tersebut dapat diangkat pada jabatannya,” terangnya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dimana disebutkan bahwa untuk jabatan Inspektur Kabupaten Sintang terlebih dahulu dikonsultasikan secara tertulis kepada Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

Untuk jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 76 tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pejabat pada unit kerja yang menangani urusan administrasi kependudukan di provinsi dan kabupaten/kota dimana disebutkan bahwa pengangkatan dan pemberhentiannya ditetapkan oleh Menteri dan pada tanggal 28 Juni 2021 untuk calon Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil telah di wawancara oleh tim penguji dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.(LL)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x