Jumat, 10 September 2021

Formasi P3K Guru Sintang Tahun 2021 Dinilai Sedikit, Ini Penjelasan Sudiyanto

12 Juli 2021

FOTO: Sudiyanto saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sintang Masa Persidangan II Tahun 2021

 

SINTANG, DN – Wakil Bupati Sintang Sudiyanto mengatakan pemerintah Kabupaten Sintang semula telah menyiapkan usul kebutuhan Pegawai Dengan Perjanjian Kerja (P3K) guru s ejumlah 1.500 formasi berdasarkan pendataan guru honorer yang masuk dapodik per 31 desember 2020.

“Mengingat pembayaran gaji dan tunjangan PPPK sepenuhnya dibebankan pada APBD dan berdasarkan pertimbangan kemampuan keuangan daerah maka usulan untuk formasi PPPK guru, Kabupaten sintang hanya dapat mengusulkan kebutuhan pppk guru sejumlah 244 formasi, namun pada akhirnya mendapatkan penetapan kebutuhan PPPK guru sejumlah 209 formasi,” terang Sudiyanto, dalam Rapat Paripurna DPRD Sintang, Senin 12 Juli 2021.

Tak hanya itu, Pemkab Sintang juga hanya dapat mengusulkan kebutuhan PPPK non guru di Kabupaten terbatas, semula diusulkan adalah 186, namun yang disetujui dan ditetapkan oleh MENPAN RB hanya sebanyak 30 formasi.

“jadi berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi no. 429 tahun 2021 tanggal 21 april 2021 tentang penetapan kebutuhan pegawai aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah Kabupaten Sintang Tahun Angaran 2021, telah mendapatkan penetapan kebutuhan informasi pppk sebanyak 239 yang meliputi 30 formasi pppk non guru dan 209 formasi P3K guru,” terangnya,

“untuk formasi P3K non guru hanya dapat diusulkan untuk jabatan fungsional sesuai perpres no. 38 tahun 2020 tentang jenis jabatan yang dapat di isi oleh P3K,” jelasnya.

Sebelumnya Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) DPRD kabupaten Sintang menyoroti formasi penerimaan Pegawai Dengan Perjanjian Kerja (P3K) guru di Kabupaten Sintang tahun 2021. Pasalnya Pemkab Sintang hanya mendapat alokasi 209 formasi guru P3K. Jumlah tersebut sangat kecil bila dibandingkan dengan kabupaten tetangga yang mencapai ribuan formasi P3K.

Diketahui masalah dunia pendidikan di Sintang salah satunya adalah kekurangan tenaga guru. Penerimaan Guru P3K diharapkan meminimalisis pemenuhan kebutuhan guru di Sintang.

“Mohon penjelasnya dari pemerintah daerah kenapa formasi penerimaan Pegawai Dengan Perjanjian Kerja (P3K) guru di Kabupaten Sintang tahun 2021 hanya mendapat jatah 209 formasi saja. Sementara kabupaten tetangga mendapat ribuan formasi untuk P3K guru,” ujar Agrianus saat menyampaikan pandangan umum fraksinya terkait Raperda Pertanggujawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Sintang tahun 2020 dalam Rapat paripurna ke-5 DPRD Sintang Masa Persidangan II Tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Jumat 9 Juli 2021.

Agrianus mengatakan tenaga honorer dan tenaga kontrak daerah yang berhak menjadi pegawai melalui jalur P3K sangat banyak. Dengan hanya 209 formasi tentu penyerapan tenaga guru masih sangat sedikit. “banyak tenaga honorer dan tenaga kontrak daerah di Sintang berharap dapat terserap melalui Penerimaan Pegawai Dengan Perjanjian Kerja,” pungkasnya.(LL)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x