Jumat, 10 September 2021

Pimpin Upacara Ulang Janji Hut Paramuka Ke-60, Ini Kata Asisten Ekbang Sintang

14 Agustus 2021

FOTO: Bersama usai upacara ulang janji hut pramuka ke-60

 

SINTANG, DN – Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus J mengajak Gerakan Pramuka untuk senantiasa berinovasi dan berperan aktif pada masa pandemi covid-19, itu ia sampaikan saat menjadi pembina upacara pada kegiatan ulang janji dalam rangka peringatan hari Pramuka ke-60 tahun 2021, yang dilaksanakan di Gedung Cadika, Kompleks Stadion Baning Sintang, pada Jumat malam, 13 Agustus 2021.

Dalam arahannya Yustinus menyampaikan bahwa gerakan Pramuka merupakan gerakan yang mampu memberikan dorongan kepada generasi muda untuk membangun Indonesia.

“tentu Pramuka ini dinilai sebagai gerakan para generasi muda yang mampu membangkitkan semangat, motivasi dan dorongan kepada generasi muda lainnya secara khusus anak-anak muda baik itu pelajar maupun yang lainnya untuk bersama-sama membangun Kabupaten Sintang, dan Negara tercinta yakni Indonesia,” tegasnya.

“kita ketahui, saat ini dimasa pandemi, para kakak Pembina kiranya bisa mengajak seluruh Gerakan Pramuka untuk berinovasi dalam hal melakukan berbagai kegiatan, salah satu contohnya ialah membantu masyarakat kita yang sedang mengalami kesulitan ekonomi, memberikan contoh kepada masyarakat untuk taat protocol kesehatan, mengedukasi tentang pentingnya kebersihan, macam-macamlah itu, yang sifatnya bisa membangkitkan semangat para generasi muda untuk beraktivitas dimasa pandemi covid-19 ini,” tambahnya.

Yustinus menjelaskan bahwa Gerakan Pramuka ini  merupakan gerakan yang mampu membentuk dan mengubah karakter bangsa untuk menjadi lebih baik kedepannya dan merupakan satu-satunya gerakan yang masih dipercayakan untuk mampu membentuk karakter generasi muda menjadi yang lebih baik kedepannya.

“tentu tidak hanya gerakan pramuka saja yang bisa membentuk dan mengubah karakter bangsa, banyak gerakan-gerakan lainnya yang bersifat positif, namun dengan berbagai kegiatan Pramuka inilah yang menjadi harapan dan tonggak untuk mengubah karakter bangsa untuk lebih baik kedepannya dan hal ini telah dicanangkan oleh Kwartir Nasional,” terangnya.

Yustinus berpesan kepada anggota Pramuka dan Pembina Pramuka untuk tetap bersemangat melakukan aktivitas dalam kondisi pandemi covid-19 dan melakukan kegiatan-kegiatan dan beraktivitas sesuai dengan protokol kesehatan yang baik dan benar, kegiatan pramuka harus tetap produktif.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang, H. Junaidi menjelaskan makna daripada Ulang janji pada Pramuka, untuk mengingatkan kita bahwa kita harus tetap menjadi Pramuka, yang sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Kegiatan ulang janji dalam rangka peringatan Hari Pramuka yang ke-60 ditahun 2021 ini merupakan salah satu kegiatan yang sudah sering dilakukan.

“kegiatan ulang janji ini merupakan salah satu kegiatan Pramuka yang turun temurun, tradisi dalam Pramuka, untuk mengingatkan kembali akan janji Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka yang telah diucapkan,” terangnya.

Junaidi menambahkan dengan adanya ulang janji diingatkan kembali tentang isi dari Dasa Darma Pramuka pada poin sepuluh. “didalam Dasa Darma Pramuka pada poin ke sepuluh (10) yakni Suci Dalam Pikiran, Perkataan Maupun Perbuatan, artinya apa, kalau sudah suci dalam pikiran artinya tidak ada neko-neko lagi, suci dalam perbuatan itu artinya jika melangkah sesuatu yang sifatnya baik maka lakukanlah, tetapi jika ada sifat yang tidak baik, maka tinggalkanlah, kemudian suci dalam perkataan, artinya jangan suka menyakiti orang lain dengan perkataan, selain poin 10, Pramuka harus mencermati poin-poin lainnya yang terkandung didalam Dasa Darma Pramuka itu sendiri,” sambungnya.(LL)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x