Jumat, 10 September 2021

Sekda Sintang Panen Jeruk Sambal

19 Maret 2021

FOTO: Sekda Sintang panen Jeruk Sambal

 

SINTANG, DN – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah didampingi Kepala Bappeda Kabupaten Sintang Kartiyus juga melakukan panen jeruk sambal di Desa Baning Panjang Kecamatan Kelam Permai pada Jumat, 19 Maret 2021.

Saat panen jeruk sambal, Yosepha Hasnah dan Kartiyus didampingi Abdul Gani sebagai pemilik kebun jeruk sambal. “jeruk sambal ini bisa bertahan sampai usia 30 tahun baru dia akan mati. Jadi masa panen itu sejak usia 4 tahun sampai 30 tahun. Kebun jeruk ini bisa diwariskan ke anak-anak. Diatas lahan 1 hektar ini, disa ditanam 3.000 pohon dan satu hari bisa menghasilkan 500 kilogram buah jeruk sambal. Di pasaran harga perkilogramnya mencapai 10 ribu. Artinya dalam satu hari menghasilkan 5 juta rupiah,” terang Abdul Gani kepada Sekda Sintang.

Abdul Gani menjelaskan bahwa jeruk sambal yang diberi pupuk organik  juga punya keunggulan yakni kulitnya lebih tebal sehingga bisa bertahan lebih lama setelah dipetik dari pohon. “Tiga hari jeruk sambal kita masih bagus, belum membusuk.  Kita panen juga menggunakan gunting, sehingga buahnya tidak rusak,” terangnya.

Abdul Gani juga menambahkan bahwa dia memperkerjakan ibu-ibu dengan upah 1.200 per kilogramnya,dalam sehari satu orang bisa mendapatkan 70 sampai 100 kilogram jeruk.Dan bisa panan lagi ke pohon awal,satu pohon bisa menghasilkan buah mencapai 1 karung.

”Kita memberikan upah petik itu 1.200 per kilogramnya. Ibu-ibu sebelum panen jeruk sambal, noreh dulu. Setelah noreh baru bekerja memetik buah jeruk sambal. Setiap hari satu orang bisa dapat 70 sampai 100 kilogram jeruk. Jadi upah yang mereka terima juga lumayan. Sekali panen itu bisa sampai 4 bulan. Setelah sampai di ujung, panen bisa kembali lagi ke pohon awal.  Terus menerus seperti itu. Satu pohon ada yang mampu menghasilkan 1 karung buah jeruk. Kami setiap hari kirim jeruk sambal untuk pasar Masuka Sintang,” ungkapnya.(LL)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x