Senin, 14 Juni 2021

STKIP PK Sintang ‘Telurkan’ 216 Sarjana baru

8 Agustus 2020

SINTANG, DN- Sebanyak 216 mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persada Khatulistiwa Sintang resmi menyandang gelar sarjana dibidang pendidikan. Wisuda ke- X para mahasiswa ini dilangsung di Auditorium Kampus STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Jalan Pertamina, Kelurahan Sengkuang, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, Sabtu (08/08/2020).

Ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Didin Syafruddin menerangkan bahwa 216 Sarjana baru tersebut dari lima Program Studi (Prodi),  yakni Prodi Biologi sebanyak 16 orang, Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak 26 orang, Prodi Pendidikan Ekonomi sebanyak 36 orang, Prodi PPKN sebanyak 9 orang dan Prodi PGSD sebanyak 129 orang.

“seyogyanya Wisuda ini dilaksanakan pada bulan Maret lalu, namun karena masih pandemi covid-19,  maka acara Wisuda di geser pada bulan Agustus ini,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Didin menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah resmi menyandang gelar sarjana.

“tentu yang telah mereka raih hingga hari ini sangatlah luar biasa, namun semua itu bukanlah semata-semat kemampuan dari mereka sendiri, tapi juga sentuhan dan dukungan dari para orang tua mereka,” ujarnya.

Maka dari itu, Ia juga berharap agar para sarjana baru ini selalu berbakti kepada orang tua masing masing.

“Bahagiakan orang tua saudara dengan keberhasilan anda dikehidupan masyarakat amalkan baktikan ilmu yang telah didapat selama kuliah,” pintanya.

Didin juga meminta para wisudawan dan wisudawati yang baru menyandang gelar sarjana tersebut menjaga nama baik almamater STKIP PK dilingkungan masyarakat.

“Kalian harus mampu menjaga dan pelihara nama baik almamater. Jaga citra gelar sarjana yang telah didapat,” pintanya.

Ketua  Perkumpulan Badan Pendidikan Karya Bangsa Sintang, Dr, Drs Y.A.T Lukman Riberu, M.Si mengatakan, sudah banyak lulusan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang yang berhasil, bahkan ada yang sudah menjadi Guru, Kepala Sekolah,  Kepala Desa bahkan anggota legislatif.

“STKIP Persada Khatulistiwa Sintang  telah mencetak ribuan sarjana. Rata rata dari mereka sudah bekerja baik di bidang pendidikan maupun dibidang lainnya, ada yang menjadi guru ada yang bekerja di pemerintahan, bahkan ada yang menjadi anggota DPRD dan Kepala Desa” ujarnya.

Oleh sebab itu ia berpesan agar para lulusan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang dapat mengimplementasikan ilmu dan wawasan yang telah di terima  selama menempuh pendidikan di STKIP PK dengan sebaik-baiknya dan kiranya bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Ini adalah langkah awal ada di kehidupan nyata dilingkungan masyarakat. Jaga nama baik almamater dan gelar anda,” pesannya.

Anggota Komisi X DPR RI Adrianus Asia Sidot  menyambut baik kegiatan wisuda sarjana STKIP PK Sintang.

“Selamat kepada adik-adik yang hari ini resmi menyandang gelar sarjana, semoga semakin sukses kedepannya,” ucapnya.

Dikatakan sarjana baru di bidang pendidikan terus bertambah setiap tahunnya. Sementara penyerapan tenaga guru masih minim. Maka dari itu dia mengimbau kepada sarjana baru pendidikan tersebut agar dapat mandiri dan berwirausaha setelah selesai menempuh pendidikan.

“Jangan hanya menginginkan menjadi guru, atau ASN, selain Kuota terbatas persaingannya sangat ketat. Jadilah enterpreneur ciptakan lapangan kerja sendiri atau berwirausaha,” pesannya.

Perwakilan Wisudawan dan Wisudawati Natalia Rike mengatakan dibutukan waktu dan perjuangan yang tidak singkat untuk sampai pada tahap ini. Usaha  memang banyak menyita tenaga, pikiran dan waktu namun mereka tidak menyerah sehingga layak menyandang gelar sarjana.

“Jangan menyia-nyiakan waktu, Jangan pernah menyerahkan dengan persoalan yang ada. sesuatu yang kita kerjakan dengan hati yang tulus hasilnya akan sensuai dengan yang kita inginkan,”  ucapnya.

“sesuatu yang hebat akan terjadi pada orang yang pantang menyerah dan selalu mencoba dan selalu bersyukur,” tambahnya

Natalia yakin, hal hebat yang berhasil dicapai hari ini berkat doa, dukungan, kerjakeras dan kasih sayang dari orang tua.

“terima kasih selalu memotivasi kami. Terimakasih atas segala doa, dan harapan. Maaf atas rasa lelah karena kalian harus membanting tulang untuk kami.

Kami berharap kami dapat menjadi orang yang berguna bagi keluarga dan masyarakat,” ucapnya.

Diapun mengajak rekan rekannya membahagiakan para orang tua.   “Mari kita bahagiakan mereka dengan keberhasilan kita,” ajaknya.

Diapun menyampaikan ucapan terima kasih kepada para dosen yang telah dengan sabar mentransferkan ilmu serta kepada pihak perkumpulan yang telah menyediakan semua fasilitas untuk kegiatan belajar mengajar.

“Terima kasih karena telah mendidik dan membimbing kami. Semoga kampus tercinta ini terus maju, terus mencetak SDM yang dibutuhkan masyarakat,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan wisuda, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Yohanes Rumpak dan tamu undangan lainnya. (LL)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x