Senin, 14 Juni 2021

Wabup Sintang : Maju Mundurnya Ekonomi Tergangtung Kita

18 Maret 2021

FOTO : Wakil Bupati Sintang Sudiyanto foto bersama usai hadir dalam acara silahturahmi pelaku bisnis agrowisata dan sektor penunjang yang dilaksanakan di Kedai Hijau Agrowisata Keling Kumang jalan lingkar kelam,rabu 17 maret 2021

 

SINTANG, DN- Wakil Bupati Sintang Sudiyanto hadir dalam acara silahturahmi pelaku bisnis agrowisata dan sektor penunjang yang dilaksanakan di Kedai Hijau Agrowisata Keling Kumang jalan lingkar kelam,rabu 17 maret 2021

Ia  mengatakan sudah saat nya untuk membangun Sintang yang lebih maju lagi, yakni melalui kegiatan seperti ini,”Saya sangat senang dan menyambut baik juga berterima kasih kepada para pengiat dan pelaku usaha yang punya pemikiran bagus untuk memajukan Sintang melalui Agrowisata  ,” ucapnya.

“Maju mundur ekonomi diSintang ini tergantung kita maka dengan itu gagasan dan ide seperti ini patut kita kembangkan di Sintang ini,” tambah Sudiyanto.

Menurutnya dewasa ini masyarakat cenderung berpikir bagaimana mengekspolitasi alam. Padahal bila tidak melakukan konsep lestari alam tidak akan terjaga. Masyarakat dapat sejahtera dengan memanfaatkan alam menjadi nilai ekonomis untuk manusia.

Agrowisata bisa menonjolkan potensi yang menjadi daya tarik di kabupaten Sintang ini, misalkan dengan mengenalkan hasil tananaman yang dikembangkan seperti jambu kristal, dan belimbing madu yang ada di kebun pak Bahrun saat ini.

” Sintang ini hanya buah semangka saja yang bisa diproduksi dan kita jual sendiri di kota Sintang ini, selain buah semangka tidak ada varian buah lain yang mampu kita produksi dan kita pasarkan di dalam kota Sintang ini,” ungkapnya

Dia berharap munculnya pengiat dan pelaku usahan dibidang Agrowisata mampu memunculkan varian buah-buahan yang lain untuk diproduksi dan dijual sendiri sehingga, tidak ketergantungan mendatangkan buah dari luar untuk dijual di Sintang.

“ Kalau sudah muncul pengiat pelaku usaha di bidang Agrwisata seperti ini maka Sintang akan maju yang mampu menjadi daya tarik dalam sektor bidang pariwisata di Sintang,” tandasnya.

Dia menilai pelaku usaha dibidang Agrowisata wisata di Sintang ini masih sangat minim. dia berharap melaui forum kegiatan tersebut mampu menarik minat rekan rekan yang lain ikut serta memajukan Sintang melalui agrowisata dan mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Sintang kedepannya.

Manajer projek PT. Betang Mandiri dari keling kumang agrowisata, Yohana Tamara Yunisa mengaku sudah lama mempunyai ide untuk pengembangan agrowisata, namun hari ini kesempatan untuk berdiskusi tentang memajukan dan berkolaborasi tentang pariwisata melalui Agrowisata di Sintang dapat terwujud.

“Kita sejauh ini hanya fokus di bidang perkebunan kakau, Dengan kegiatan seperti ini Exspansi nya ialah kita inggin menarik minat anak anak muda untuk melihat peluang yang ada di Sintang dari sektor perkebunan yang di alam nya kita kolaborasi dengan wisata,” ungkapnya.

Dewasa ini  kaum muda maupuan orang dewasa  sangat suka dengan hal yang berbau wisata. Orang dewasa kerap  berwisata bersama keluarga.

“Hal ini lah yang menjadi pemikiran kita untuk mengkolaborasi kan dengan para pelaku usaha di bidang perkebunan yang nantinya kita bisa menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung dan berwisata sekaligus menikmati hasil perkebunan yang ada di tempat wisata, makanya kita buatkan namanya Keling Kumang Agrowisata,” katanya.

Dia menyampaikan Keling Kumang Agrowisata sudah mengembangkan satu varian dari buah kakau. Pihaknya sudah membuat sabun dari bahan baku buah kakau tersebut. “Kita juga memproses buah kakau mulai dari kebun sampai proses permentasinya dan pengeringannya sampai pada proses pengolahan menjadi makanan atau kosmetik,” terangnya. (LL)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x