Jumat, 10 September 2021

Gubernur Yakin Ekonomi Kalbar Tertinggi di Kalimantan Jika…

17 Maret 2020

Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji yakin pertumbuhan ekonomi di daerahnya bisa tertinggi di Pulau Kalimantan jika Pelabuhan Internasional Kijing di Mempawah beroperasi.

“Saat ini pertumbuhan ekonomi kita sudah lebih tinggi dari Kaltim atau Kalsel yang sebelumnya lebih tinggi dari kita. Nah, kalau Pelabuhan Internasional Kijing atau nanti diganti namanya menjadi Pelabuhan Tanjungpura beroperasi pertumbuhan ekonomi Kalbar akan tertinggi di regional Kalimantan,” ujarnya saat memberikan sambutan pada kegiatan pengukuhan Kepala Kantor Perwakilan Wilayah BI Kalbar, Jumat, 21 Februari 2020.

Ia menambahkan bukan hanya pertumbuhan ekonomi saja bisa tertinggi namun sumbangan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dari Kalimantan Barat juga tertinggi.

“Selama ini sumbangan PDRB dari Kalbar masih rendah. Semoga nanti dengan Pelabuhan Internasional kita optimis bisa juga tertinggi di Kalimantan,” kata dia.

 

Gubernur menjelaskan optimisme terkait pertumbuhan ekonomi maupun penyumbang PDRB tertinggi di Kalimantan sangat beralasan. Pasalnya CPO yang dihasilkan Kalimantan Barat dan bauksit serta lainnya saat ini juga tinggi. Hanya saja saat ini belum tercatat dari Kalimantan Barat karena masih melalui pelabuhan dari luar.

“CPO dari Kalbar capai 2,2 juta – 2,7 juta ton per tahun. Saat ini hanya 5 persen saja tercatat di Kalbar melalui Badau. Sisanya tercatat dari luar. Belum lagi bauksit begitu juga kondisinya,” kata dia.

Sutarmidji menyebutkan bahwa saat ini hubungan pemerintah dengan BI Kalimantan Barat sangat baik. BI telah banyak berperan aktif dalam pengendalian inflasi dan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Hubungan yang intens sudah berjalan dengan baik. BI melalui inkubator bisnisnya dalam membina UMKM di Kalbar sangat bagus. Sehingga UMKM di Kalbar ikut maju karena pengelolaan dan manajemen baik pula,” kata dia.

 

sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1310450/gubernur-yakin-ekonomi-kalbar-tertinggi-di-kalimantan-jika/full&view=ok

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x