Selasa, 31 Januari 2023

Antisipasi Penularan Virus Rabies, Ini Saran Mainar

15 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Mainar Puspa Sari

 

 

SINTANG, DN – Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang melalui OPD terkait diminta untuk terus meningkatkan imbauan kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing agar dapat divaksin. Mengingat penyakit rabies saat ini masih menjadi ancaman di Kabupaten Sintang.

Perihal tersebut disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari. Ia meminta, agar OPD terkait tak henti-hentinya untuk memberikan masukan dan imbauan kepada pemelihara hewan agar mau memvaksin hewan piaraannya tersebut.

“Selama ini memang sudah cukup baik, namun patut di tingkatkan lagi agar kesadaran masyarakat lebih meningkat untuk memberikan vaksin terhadap hewan piaraannya itu. Intinya sosialisasi harus terus digaungkan, karena ini demi kepentingan kita bersama juga, jangan sampai penyakit rabies ini semakin parah di Sintang,” ucap Mainar kepada media ini beberapa waktu lalu.

Selain itu, Mainar juga meminta kepada instansi terkait agar dapat memvaksin hewan-hewan liar, seperti anjing dan kucing yang ada di jalanan.

“Semua itu untuk mengantisipasi agar masyarakat terhindar dari gigitan hewan liar yang berpotensi menularkan virus rabies,” ucapnya.

Terlepas dari itu, Mainar juga meminta kepada masyarakat yang memiliki hewan piaraan, agar mempunyai kesadaran akan bahayanya hewan piaraannya tersebut kalau tidak di vaksin. Ditakutkan terkena virus rabies yang bisa saja menular ke pemiliknya kalau terkena gigitan.

“Makanya harus ada kesadaran juga dari pemilik. Jangan sudah diberikan imbauan, tapi masih saja tak memiliki kesadaran. Ini yang harus diperhatikan. Semua itu guna mencegah gigitan penularan rabies, jangan sampai terjadi,” ucapnya.

Selain itu, Mainar juga meminta, agar masyarakat yang memiliki hewan piaraan agar jangan dibiarkan berkeliaran bebas. Tapi dikandangin,  guna mengantisipasi dari gigitan hewan piaraan tersebut.

“Jangan dibiarkan berkeliaran. Bahaya juga nanti untuk masyarakat. Sebab pernah kejadian, tetangga saya memiliki hewan peliharaan, saat hewan peliharaannya itu mengigit orang sehingga menyebabkan tertularnya rabies, dia tidak bertanggung jawab. Hal-hal seperti ini yang patut diantisipasi,” tutup Politisi Partai Demokrat ini. (Dil)

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x