Selasa, 31 Januari 2023

Antisipasi Potensi Konflik Sosial, Ini Saran Santosa

19 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Santosa

 

SINTANG, DN – Masyarakat Kabupaten Sintang diminta tak mudah terprovokasi dengan informasi-informasi beredar yang dapat menjadi potensi konflik sosial di Bumi Senentang ini.

Perihal tersebut disampaikan Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa. Dirinya meminta kepada masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi-informasi yang beredar yang dapat berpotensi menimbulkan konflik di tengah masyarakat.

“Kalau dapat informasi yang berpotensi menimbulkan konflik, masyarakat kita harapkan jangan mudah terprovokasi. Cari tahu dulu kebenaranya seperti apa, jangan langsung mengambil tindakan nyata. Karena bisa saja informasi yang beredar itu tidak benar adanya, semua itu dilakukan oknum yang tak bertanggung jawab dengan niatnya untuk memecah bela kita,” ujar Santosa kepada media ini beberapa waktu lalu.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga meminta, agar Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang dapat mengantisipasi lebih dini terkait potensi konflik yang bisa terjadi di tengah masyarakat Kabupaten Sintang ini.

“Salah satu caranya Pemda Sintang agar dapat mengintruksikan jajarannya, dari¬† Camat, Kepala Desa (Kades) hingga ke Lurah agar dapat memberikan pemahaman kepada masyarakatnya, supaya jangan mudah mentah-mentah menerima informasi yang beredar,” terang wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kayan Hilir-Kayan Hulu ini.

Diakui Santosa, memang sejauh ini Kabupaten Sintang tetap aman dan kondusif. Diharapkan selamanya juga begitu. Hanya saja dijelaskan Santosa potensi ancaman konflik sosial itu tetap ada. Makanya harus diantisipasi sejak dini agar dapat diantisipasi sehingga tidak dapat menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Saya rasa penanganan potensi konflik sosial menjadi hal mutlak yang harus diantisipasi sejak dini dan diambil langkah strategisnya. Semua itu dilakukan agar persoalan itu tidak terjadi di Kabupaten Sintang. Kita ingin di Sintang yang kita cintai ini tetap aman dan damai. Maka dari itu, semua pihak bertanggung jawab untuk menjaga keberagaman dan keharmonisan yang sudah sejak lama terjalin ini,” tutup pria yang akrab disapa Santo ini. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x