Selasa, 31 Januari 2023

Atasi Kelangkaan Pupuk Subsidi, Ini Saran Sudirman

18 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Hikman Sudirman

 

SINTANG, DN – Kelangkaan pupuk subsidi sudah menjadi persoalan klasik yang kerap dihadapi para petan di Kabupaten Sintang. Oleh karenanya, untuk mengatasi persoalan itu, petani diminta agar dapat memanfaatkan pupuk organik.

Perihal tersebut disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman. Ia menilai bahwa saat ini, harga pupuk non subsidi mulai melambung tinggi, sementara pupuk subsidi susah didapatkan. Makanya petani diharapkannya dapat beralih ke pupuk organik.

“Kita harapkan petani mulai beralih untuk mengunakan pupuk organik. Dengan begitu petani akan mandiri dengan kebutuhan pupuk subsidi,” ujar Hikman Sudirman kepada media ini beberapa waktu lalu.

Dengan mengunakan pupuk organik, diyakini Sudirman petani tidak akan merasa keberatan lagi dengan kebutuhan pupuk dan pastinya tidak akan bergantung lagi dengan pupuk subsidi.

“Selama ini petani, khususnya kelapa sawit sering kali mengeluhkan pupuk subsidi yang susah didapat. Sementara pupuk non subsidi harganya mahal. Saya rasa inilah solusinya, agar keluhan tersebut dapat teratasi,” tuturnya.

Untuk itu, Politisi Partai Demokrat ini meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang agar dapat mendorong para petani yang ada di Bumi Senentang ini agar dapat menerapkan pupuk organik. Terlebih pupuk organik ramah akan lingkungan.

“Pemda Sintang melalui instansi terkait harus mendorong petani agar mau memakai pupuk organik. Kasi pemahaman ke mereka bahwa pupuk organik ini ramah akan lingkungan, sebab hanya memanfaatkan kotoran hewan, seperti kambing dan sapi. Selain itu, kesuburan tanah juga cukup bagus,” tutupnya. (Dil)

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x