Selasa, 31 Januari 2023

Banjir di Sintang Disebabkan Hutan yang Mulai Terkikis

17 November 2022

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny

 

SINTANG, DN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mengatakan, bahwa bencana banjir yang melanda Sintang beberapa tahun belakangan ini bisa jadi dikarenakan hutan di Bumi Senentang yang mulai terkikis keberadaannya.

“Kita ketahui bersama kondisi hutan kita memang tak lagi seperti 10 atau 20 tahun. Hal ini¬† dikarenakan dengan banyaknya investor perkebunan kelapa sawit yang masuk. Jadi saya tidak bisa mengatakan tidak, bahwa faktor lingkungan menjadi salah satu penyebab banjir ini karena terkikisnya hutan kita,” ujar Florensius Ronny kepada sejumlah wartawan beberapa waktu lalu.

Namun Ronny juga tak menampik, bahwa keberadaan investor perkebunan kelapa sawit ini tidak sepenuhnya salah, karena keberadaan mereka juga membantu mengangkat perekonomian masyarakat. Dari itu, memang harus ada solusi yang baik untuk menangani persoalan ini.

“Jadi memang sudah harus kita pikirkan agar bagaimana caranya untuk memperbaiki hutan di Kabupaten Sintang ini. Saya rasa memang harus ada penelitian besar juga dilakukan tanpa ada yang harus dikorbankan,” katanya.

Sebenarnya kata Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 6 tentang Tujuh Persen Lahan Sawit wajib ada hutannya itu merupakan salah satu solusi dan upaya agar dapat menjaga hutan di Sintang ini agar tetap terus terjaga.

“Tentu Pergub tersebut¬† merupakan salah satu langkah dan upaya kecil yang diberikan pemerintah agar bagaimana dapat mengembalikan kondisi hutan kita, sehingga serapan air itu kembali baik dan dapat menangkal banjir,” terang Ronny.

Untuk itu, Ronny meminta agar perusahaan perkebunan kelapa sawit dapat mengikuti perintah yang telah ditetapkan terkait Pergub itu. Sehingga upaya yang diharapkan untuk mengembalikan kondisi hutan dapat terwujud tanpa harus ada yang dikorbankan.

“Itu menurut saya salah satu upaya yang cukup baik dari Pemprov. Kita minta pihak perusahaan harus mengikuti aturan ini. Terlebih Pergub tersebut juga sudah kita sosialisasikan beberapa waktu lalu,” tutup Politisi Muda ini. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x