Rabu, 1 Februari 2023

Cabut Izin Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Bila Tak Taat Aturan

28 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Welbertus

 

SINTANG, DN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang dapat mencabut izin perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Sintang yang tak mentaati aturan yang telah ditetapkan.

“Harus ada tindakan tegas dari Pemda Sintang terkait pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit yang tidak mentaati aturan. Jadi apabila ada perusahaan yang tidak melakukan pengelolaan perizinan dengan baik dan benar, cabut saja izinnya atau bisa diambil kembali lahannya,” ujar Welbertus kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

Salah satu contohnya, jelas Welbertus, andaikan ada perusahaan perkebunan kelapa sawit yang tidak melakukan aktifitas sama sekali dalam kurun waktu sekian tahun, sementara mereka memiliki izin lahan sekian puluh ribu hektare. Izinnya lahannya itu bisa dicabut untuk diambil lagi.

“Karena hal itu sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, bahwa bisa diambil kembali lahannya dan setelah itu dilakukan penanaman hutan kembali,” terang Welbertus.

Terlepas dari itu, Welbertus juga meminta agar Pemda dapat mengurangi untuk memberikan izin kepada investor yang ingin berinvestasi perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Sintang ini.

“Kita ketahui saat ini Kabupaten Sintang mulai krisis hutan. Kalau terus-terusan memberikan izin kepada investor perkebunan kelapa sawit, tentu makin habis hutan kita karena beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit,” beber Welbertus.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini pun menilai, akan berdampak buruk kedepannya kalau hutan di Bumi Senentang ini semakin habis habis akibat dari banyaknya lahan perkebunan kelapa sawit.

“Sekarang saja sudah mulai kita rasakan dampaknya. Banjir menghantam Kabupaten Sintang beberapa tahun belakangan ini, salah satu penyebabnya bisa jadi karena hutan yang mulai krisis,” tutup Welbertus. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x