Rabu, 1 Februari 2023

Dinilai Tumpang Tindih, Santosa Minta Data Penerima Bansos Diperbaiki

10 Desember 2022

Anggota DPRD Sintang, Santosa

 

SINTANG, DN – Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa menilai, bahwa selama ini masih terjadi tumpang tindih data penerima Bantuan Sosial (Bansos) yang diberikan pemerintah.

“Jadi data yang ada sekarang saya rasa kurang akurat, sebab data penerima bantuan atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tumpang tindih,” ujar Santosa belum lama ini.

Bukan tak beralasan, Santosa mencontohkan di Kecamatan Kayan Hilir dan Kayan Hulu yang merupakan Daerah Pemilihan (Dapil) nya. Ada masyarakat sudah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tapi juga mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Hal itu disebabkan data yang tumpang tindih. Sehingga ada yang mendapatkan bantuan dari pemerintah lebih dari satu program. Makanya harus ada tindakan yang dilakukan instansi terkait untuk mengatasi persoalan ini,” kata Politisi Partai Kebangkitan Banga (PKB) ini.

Tindakan yang dimaksud kata Santosa, yakni memperbaiki data tersebut. Agar sistem yang ada dapat berjalan sesuai harapan, sehingga bantuan sosial dari pemerintah itu benar-benar tepat sasaran dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat yang memang layak menerimanya.

“Tujuan dari bantuan sosial itu untuk mengurangi beban masyarakat. Sudah selayaknya harus tepat sasaran. Jangan sampai ada warga yang kurang mampu tidak dapat bantuan, sementara warga yang dinilai cukup malah dapat. Hal-hal seperti ini juga yang harus dihindari,” terang Santosa.

Kalau itu terjadi, tentu akan menimbulkan kecemburuan sosial di masyarakat. Makanya kata Santosa demi kebaikan bersama dan untuk meningkatkan rasa keadilan, data atau sistem yang ada harus diperbaiki oleh instansi terkait.

“Kita juga mengimbau agar pengawasan juga harus ditingkatkan terkait bantuan ini. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan di lapangan, seperti penyelewengan bantuan dan lain sebagainya,” tutup Santosa. (Dil) 10 Desember

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x