Rabu, 1 Februari 2023

Dorong Pemda Sintang Atasi Persoalan Listrik di Kayan Hilir

18 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Kuet Sung

 

SINTANG, DN – Sudah 77 tahun Indonesia merdeka, tapi masih saja ada desa-desa di Kabupaten Sintang yang belum menikmati listrik negara. Salah satunya desa-desa yang berada di Kecamatan Kayan Hilir.

Bukan hanya satu atau dua desa saja di Kecamatan Kayan Hilir itu yang belum teraliri listrik PLN, tapi banyak desa. Perihal tersebut pun diakui oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kuet Sung.

“Banyak desa-desa di sana yang sepenuhnya belum dapat menikmati listrik negara. Mungkin masih ada belasan desa,” ujar Kuet Sung kepada media ini beberapa waktu lalu.

Dia pun membeberkan desa-desa mana saja yang dimaksud, seperti Desa Nanga Lidau, Desa Mekar Mandiri menuju Dusun Lahung Jaya, Desa Mentunai menuju Dusun Nanga Morat, Desa Natai Lesung, Desa Engkerangan, Desa Lengkong Bindu, Desa Sungai Ranap, Desa Natai Tebedak, Desa Jambu.

“Termasuk juga Desa Sungai Menuang, Desa Nanga Mau menuju Dusun Bongkal, Desa Sungai Sintang Dusun Lubuk Besar, Jaya Sakti menuju Dusun Paoh Bora. Semua desa itu belum sepenuhnya dapat menikmati listrik negara,” tuturnya.

Padahal dijelaskannya, keberadaan listrik tersebut sudah sangat didambakan masyarakat di sana. Terlebih saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat.

“Kita harap Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang dapat memperjuangan agar listrik negara dapat masuk ke desa-desa di Kayan Hilir ini. Tentu kita juga berharap pemerataan listrik dapat terjadi di Kabupaten Sintang ini, agar apa yang dirasakan masyarakat yang tinggal di pusat kota juga dapat dirasakan masyarakat yang tinggal di wilayah pedalaman sana,” tegasnya.

Oleh karena itu, Pemda Sintang kata Politisi PDI Perjuangan ini harus mencarikan solusinya, agar apa yang selama ini menjadi keluhan masyarakat terkait listrik negara dapat diatasi.

“Itu yang kita inginkan, pastinya kita juga akan turut mendorong agar pemerataan listrik ini dapat terealisasi,” tutup wakil rakyat Dapil Kayan Hili-Kayan Hulu ini. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x