Rabu, 1 Februari 2023

Dukung Penuh Raperda Pemindahan Ibu Kota Kecamatan Kayan Hilir – Kayan Hulu

13 Desember 2022

Anggota DPRD Sintang, Santosa

SINTANG, DN –  Wacana pemindahan Ibu Kota Kecamatan Kayan Hilir dan Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Sintang tampaknya akan terealisasi. Pasalnya pemindahan Ibu Kota dua kecamatan itu sudah masuk dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang akan dibahas pada tahun 2023 mendatang.

Ihwal tersebut pun disambut baik oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa. Ia menilai memang sudah sepantasnya Ibu Kota dua kecamatan itu dipindahkan. Sebab sudah cukup lama diwacanakan.

“Jadi Raperda terhadap dua kecamatan ini memang sudah lama direncanakan, hanya saja pada tahun lalu belum ada kesiapan dari tim. Makanya pada tahun ini Raperda tersebut dibuat. Tentu kita berharap Raperda ini juga dapat ditetapkan nantinya menjadi Perda,” kata Santosa belum lama ini.

Terlebih jelas Santosa yang juga merupakan Ketua Komisi A DPRD Sintang ini, khususnya Kantor Camat Kayan Hilir sudah berpindah tempat dari Desa Nangau Mau ke Desa Monbai Begununk.

“Jadi sebelumnya Kantor Camat Kayan Hilir itu  terletak di Desa Nanga Mau, namun telah dialihfungsikan untuk pembangunan Pasar Rakyat, makanya kantor camatnya sekarang  dipindahkan ke Desa Monbai Begununk,” terang Santosa.

Bahkan dijelaskan Santosa, untuk Kecamatan Kayan Hulu kantor camatnya sudah pindah, yang sebelumnya di Desa Tebidah sekarang di Desa Entogong. Oleh karena itu, ia menilai sudah sepatutnya Raperda ini dibuat dan ke depan bisa ditetapkan jadi Perda.

“Raperda ini saya kira memang harus dibuat dan harus dibahas, karena kantor camatnya juga sudah pindah. Kita harapkan tentu Raperda ini dapat disetujui menjadi Perda sehingga pemindahan Ibu Kota dua kecamatan itu terealisasi,” tuturnya.

Wakil Rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) Kayan Hilir dan Kayan Hulu ini juga menjelaskan, bahwa Raperda ini merupakan produk hukum yang sangat penting, sehingga administrasi penggangarannya nanti jelas sesuai dengan skala prioritas yang ada.

“Pada intinya memang harus dipindahkan, agar secara administrasi penganggarannya nanti dapat sesuai dengan nama desa tempat kantor camat itu berdiri nantinya. Kita juga berharap pihak terkait dapat mendukung pemindahan ini, sehingga nanti dapat berjalan lancar sesuai dengan apa yang menjadi harapan kita bersama,” tutup Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x