Selasa, 31 Januari 2023

Harap Desa Diberi Keleluasaan dalam Pengelolaan DD

14 November 2022

Wakil DPRD Sintang, Heri Jambri

 

SINTANG, DN – Dana Desa (DD) yang selama ini digelontorkan Pemerintah Pusat (Pempus) pengunaannya masih diatur. Sehingga Kades dinilai rentan akan kesalahan dalam pengelolaannya.

Perihal tersebut disampaikan Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri. Ia mengatakan, bahwa selama ini pengunaan DD masih diatur Pempus, sehingga penggunaannya terkesan dipaksakan.

“Terlebih Kades bisa saja salah paham atau salah penafsiran karena perintah pengelolaan DD tersebut oleh Pempus. Hal itu rentan terjadi kesalahan terhadap Kades. Apalagi perihal tersebut tak disosialisasikan oleh Pemda Sintang,” ujar Heri Jambri kepada awak media beberapa waktu lalu.

Maka dari itu, Heri Jambri menilai, seharusnya pihak desa bisa diberi keleluasaan dalam pengelolaannya, karena mereka lebih tahu apa yang dibutuhkan desanya tersebut, bukan malah mengikuti kemauan Pempus yang tidak tahu kondisi di lapangan seperti apa.

“Selama ini yang terjadi Pempus membuatkan programnya, tapi Pempus kan tidak mengetahui kondisi di desa masing-masing seperti apa. Bagaimana desa mau berkembang kalau begitu,” tegasnya.

Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini yakin, kalau desa diberikan keleluasaan dalam pengelolaan DD tersebut, dampaknya akan jauh lebih baik dan berkembang dari apa yang sudah ada saat ini.

“Dengan begitu desa tidak lagi terbebani dengan program yang telah ditentukan Pempus. Mereka bisa membuat program sendiri sesuai apa yang memang menjadi kebutuhan mendasar masyarakat di desa masing-masing. Dengan begitu anggaran besar yang telah digelontorkan akan jauh lebih berdampak manfaatnya,” terang Heri Jambri.

Sebenarnya kaya Heri Jambri, perihal ini sudah kerap kali disampaikannya saat menggelar rapat dengan Pemda Sintang terutama instansi terkait yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Sintang.

“Kita sudah sering sampaikan itu, bagaiman caranya agar penggunaan DD ini tepat sasaran dan dapat digunakan secara proporsional. Kita harapkan lah, ke depan agar ada kebijakan dari Pempus terkait DD ini untuk pengelolaannya diserahkan di desa,” tutupnya.(Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x