Selasa, 31 Januari 2023

Harap Guru PK3 Ditugaskan Sesuai Tempat Mereka Berasal dan Mengabdi

16 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Sandan

 

SINTANG, DN – Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Sandan berharap ada kebijakan dari Pemerintah Pusat (Pempus) terkait penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) khusus untuk formasi guru.

Kebijakan yang dimaksud kata Sandan, yaitu bagi tenaga pendidik yang lulus agar dapat ditugaskan dimana tempat dia berasal atau paling tidak dapat ditugaskan di tempat sekolah sebelumnya mereka mengajar.

“Kebijakan seperti ini saya rasa sangat penting untuk diterapkan, contohnya saja, kalau guru yang sebelumnya mereka honorer lalu sudah belasan tahun mengajar. Saat dia lulus P3K saya rasa dia harus ditempatkan di sekolah itu juga, karena mereka sudah memahami karakteristik murid dan lain sebagainya, pastinya juga sudah menyatu dengan masyarakat setempat. Sehingga akan mempermudah dia untuk proses belajar mengajar,” ujar Sandan kepada media ini beberapa waktu lalu.

Begitu juga kata Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini, agar guru P3K ini dapat ditugaskan dimana tempat mereka berasal. Karena hal tersebut pasti akan sangat berdampak juga bagi proses belajar mengajar yang akan mereka berikan.

“Saya yakin akan lebih baik bila tempat tugasnya disesuaikan dengan tempat mereka mengajar. Karena hal itu akan mempengaruhi pastinya dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, kebijakan ini saya pikir patut jadi pertimbangan Pempus,” kata Sandan.

Wakil rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) Serawai – Ambalau ini memberikan contoh, misalkan guru P3K yang lulus berasal dari Kecamatan Ketungau lalu mendapat surat tugas mengajar di Kecamatan Serawai. Itukan sangat jauh. Dikhawatirkan mereka nanti sering pulang sehingga mangkir dari tanggung jawab yang telah diemban.

“Ini yang menurut saya harus menjadi pertimbangan. Jangan sampai gara-gara mendapat tugas yang juah dari tempat mereka berasal, lalu mengabaikan tugas dan tanggung jawab. Memang, apa pun yang sudah ditetapkan oleh Pempus harus tetap dijalankan bagi P3K yang lulus ini. Tapi paling tidak dengan kebijakan yang saya sampaikan itu, bisa meminimalisir agar P3K tidak mangkir dari tugas dan tanggung jawabnya,” tutup Sandan. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x