Selasa, 31 Januari 2023

Jaga Hutan di Serawai-Ambalau, Pemerintah Diminta Tak Berikan Izin Lagi ke Investasi Perkebunan Kelapa Sawit

15 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Zulkarnain

 

SINTANG, DN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Zulkarnain meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang dan Pemerintah Pusat (Pempus) untuk tidak lagi memberikan izin investasi perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Sintang, khususnya di Kecamatan Serawa dan Kecamatan Ambalau.

Perihal tersebut diminta Zulkarnain sangatlah beralasan, sebab hutan di Bumi Senentang termasuk di dua kecamatan itu mulai terkikis karena dibabat dan dialih fungsikan untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit. Hal ini pula berdampak kepada bencana banjir yang beberapa tahun belakangan ini menghantam Kabupaten Sintang.

“Hutan kita di Kabupaten Sintang ini sudah mulai krisis, jadi jangan lagi memberi izin kepada investor untuk membuka lahan perkebunan kelapa sawit. Karena dampaknya sudah kita rasakan saat ini, yaitu banjir yang melanda,” ujar Zulkarnain kepada awak media, Senin 14 November 2022 kemarin.

Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini juga mengatakan, dengan tidak memberikan izin lagi bagi para investor untuk membuka lahan perkebunan kelapa sawit merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian hutan di Sintang.

“Jangan biarkan hutan kita dibabat habis sehingga menjadi krisis demi kepentingan pribadi tanpa memikirkan dampak yang akan ditimbulkan dari pembabatan hutan itu. Makanya Harus ada tindakan tegas dari pemerintah agar tak lagi memberikan izin investasi,” tegasnya.

Terlebih untuk pemerintah pusat, mereka jangan mudah memberikan izin, karena mereka tidak mengetahui seperti apa kondisi di lapangan. Seharusnya Pemda Sintang juga bisa memberikan pemahaman, jangan malah mengikuti untuk memberikan izin juga.

“Pemda Sintang pasti lebih paham kondisi di lapangan. Maka dari itu kita desak jangan mudah memberikan izin. Sampaikan juga kondisi di lapangan seperti apa ke Pempus, sehingga izin juga tidak diberikan. Sebab selama ini saya nilai izin perkebunan kelapa sawit itu masih mudah didapatkan oleh pihak perusahaan yang ingin berinvestasi di Kabupaten Sintang ini,” pungkasnya. (Dil)

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x