Rabu, 1 Februari 2023

Kembangkan Sektor Wisata untuk Tingkatkan PAD

27 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Welbertus

 

SINTANG, DN – Kabupaten Sintang sebenarnya memiliki alam yang begitu indah. Jika dikelola dengan baik, maka bukan tidak mungkin bisa dijadikan objek wisata yang mampu meningkatkan sektor ekonomi di Bumi Senentang.

Untuk itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang untuk mengembangkan sektor pariwisata tersebut agar dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Objek wisata kita di Kabupaten Sintang ini sebenarnya tidak kalah bagus dengan daerah-daerah lain. Kita di sini memiliki Bukit Kelam, air terjun dan masih banyak tempat-tempat indah lainnya yang bisa dijadikan objek wisata yang begitu bagus jika dikelola dengan baik dan benar,” ujar Welbertus kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

Dengan begitu, Welbertus yakin akan dapat meningkatkan PAD dari sektor wisata tersebut. Tak hanya PAD, tapi ekonomi masyarakat Bumi Senentang juga akan ikut terdongkrak, terlebih masyarakat yang tinggal di dekat objek-objek wisata yang dimaksud.

“Tentu ekonomi masyarakat setempat juga akan ikut meningkat apabila objek wisata itu dikelola dengan baik, sehingga menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung. Karena bisa saja masyarakat setempat mengambil kesempatan itu untuk berdagang atau lain sebagainya,” kata Welbertus.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini menilai, untuk membuat sektor wisata itu meningkat agar dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung, faktor pendukung harus diperhatikan. Seperti infrastruktur dasar, jalan dan jembatan serta pengelolaan tempat wisata tersebut harus benar-benar menarik, sehingga akan membuat wisatawan tertarik untuk datang.

“Contohnya tempat wisata Bukit Kelam, sudah alamnya yang indah, ditopang dengan pengelolaan yang bagus, misalnya didirikan wahana permainan, tempat-tempat yang indah untuk berfoto-foto dan dibantu dengan infrastruktur jalan yang baik, saya yakin wisatawan pasti akan tertarik untuk berkunjung,” jelasnya.

Andaikan kata Welbertus Pemda Sintang tidak mampu untuk mengelolanya sendiri, bisa saja menjalin kerjasama dengan pihak ketiga. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengembangkan sektor wisata tersebut.

“Bisa bekerjasama dengan pihak ketiga, dengan perjanjian bagi hasil atau lain sebagainya. Yang penting objek wisata ini bisa menarik perhatian wisatawan untuk datang, dengan begitu PAD kita pun bisa terdongkrak dari sektor ini,” tutup Welbertus. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x