Selasa, 31 Januari 2023

Masyarakat Kayan Hulu dan Kayan Hilir Usulkan Pembebasan Lahan HTI dan Hutan Lindung

16 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Anastasia

 

SINTANG, DN – Hampir semua desa di Kecamatan Kayan Hulu dan Kayan Hilir yang didatangi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Anastasia saat reses beberapa waktu lalu, meminta pembebasan lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) dan hutan lindung.

“Ada empat desa yang saya kunjungi, antaranya Desa Tanjung Miru, Desa Nangka Lestari, Desa Nanga Oran dan Desa Nanga Ungai. Hampir semua usulan dari desa-desa itu meminta pembebasan lahan HTI dan Hutan Lindung,” ujar Anastasia kepada media ini beberapa waktu lalu.

Terlepas dari itu, kata Anastasia ada juga yang meminta perbaikan jalan dan jembatan yang memang kondisinya sudah rusak parah, bantuan pembangunan sawah, meminta hibah bangun gereja dan lain sebagainya.

“Tapi paling banyak itu usulan pembebasan lahan HTI dan hutan lindung. Setelah itu perbaikan jalan dan jembatan. Itu yang paling banyak usulan yang kita tampung saat menggelar reses beberapa waktu lalu di empat desa tersebut,” ujar Anastasia.

Usulan-usulan yang ditampungnya tersebut dari masyarakat empat desa Daerah Pemilihan (Dapil) nya itu kata Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini, akan menjadi pertimbangan untuk ke depan agar dapat ditindaklanjuti.

“Usulan ini akan kita tampung agar ke depan dapat kita tindaklanjuti. Pastinya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kita di DPRD Sintang ini. Agar apa yang menjadi keluhan masyarakat di sana dapat kita carikan solusinya,” ujar politisi wanita ini.

Untuk mencapai apa yang menjadi usulan masyarakat itu, kata Anastasia, pihaknya akan berkoordinasi ke Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang. Sehingga apa yang menjadi keluhan masyarakat dapat ditindaklanjuti oleh Pemda Sintang.

“Terlebih masalah infrastruktur jalan dan jembatan. Kalau terkait pembebasan lahan HTI dan hutan lindung, itu pasti prosesnya akan sedikit rumit. Karena banyak proses yang harus dilalui, itupun kita belum tahu aturannya seperti apa. Tapi kalau untuk infrastruktur jalan, itu bisa langsung diambil tindakan oleh Pemda,” tutupnya. (Dil)

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x