Kamis, 5 Mei 2022

Masyarakat Masih Dambakan PLBN Sungai Kelik

20 April 2022

 

Heri Jambri

SINTANG, DN – Kabupaten Sintang adalah salah satu Kabupaten di Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia.

Seyogyanya kota dengan julukan “bumi senentang ini” sudah memiliki Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Akan tetapi apa mau dikata, pembangunan fisik yang sangat dinantikan masyarakat perbatasan tersebut belum terlihat titik terangnya.

Bahkan, selama ini, para pelintas batas hanya menggunakan jalur tradisional atau jalan tikus.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri mengatakan bahwa pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) sangatlah didambakan masyarakat perbatasan. Makanya, warga perbatasan sangat senang ketika tahapan pembangunan PLBN sudah dimulai.

“Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dianggarkan oleh pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara) APBN.Mungkin saja, karena adanya pandemi Covid-19 anggarannya terpotong,” ucap Heri.

Heri Jambri mengungkapkan pembangunan border sampai saat ini masih tahap perencanaan.Pada tahun 2021 lalu pembangunan juga sudah dimulai.

“Di tahun lalu juga baru mulai sosialisasi untuk pembebasan tanah di Sungai Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu.Itupun kegiatan dari pemerintah provinsi Kalbar dan Kementerian.Untuk tahun ini kita belum tau pasti,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk pembangunan jalan pendukung PLBN, progres seharusnya sudah sampai titik nol. Tahun lalu ada kegiatan kurang lebih Rp 40 miliar.Tapi, kontraktor tidak mampu menyelesaikan sesuai kontrak yang ada.

“Kita juga tidak tahu apa kendala mereka.Tahun 2020 lalu, muncul lagi anggaran yang besarannya kurang lebih.Jumlahnya saya belum tahu pasti.Yang jelas, anggaranya ada.Mudah-mudahan bisa menyelesaikan pembangunan jalan yang sempat mangkrak.Sehingga target pembangunan jalan menuju border tercapai, bisa dilalui dan dimanfaatkan,” harapnya.

Politisi asal perbatasan ini menyebut panjang jalan pendukung Pos Lintas Batas Negara yang dikerjakan sekitar 8 kilometer.(*)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x