Rabu, 1 Februari 2023

Minta Pemda Sintang Siap Siaga Antisipasi Bencana Alam Akibat Cuaca Ekstrim

25 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Rudy Andreyas

 

SINTANG, DN – Beberapa hari belakangan ini, Kabupaten Sintang dilanda cuaca ekstrim, dimana hujan terus melanda dengan intensitas yang cukup tinggi.  Hal ini pula dikhawatirkan, banjir kembali melanda Bumi Senentang.

“Kita khawatirkan banjir kembali melanda Kabupaten Sintang. Apalagi saat ini masih ada beberapa wilayah di Sintang yang terendam banjir, kita takutkan banjirnya makin parah,” ujar anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Rudy Andryas, Jumat 25 November 2022.

Untuk itu, Rudy Andryas meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang melalui instansi terkait agar selalu siap siaga apabila banjir kembali datang. Ia juga berharap Pemda sudah mempersiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi potensi bencana-bencana alam yang akan terjadi akibat dari cuaca yang ekstrim ini.

“Pemda Sintang melalui instansi terkait harus selalu siap siaga dengan potensi-potensi bencana yang bisa terjadi akibat cuaca ekstrim ini. Setidaknya sudah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi,” ucapnya.

Selain itu, Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Bumi Senentang untuk selalu meningkatkan kewaspadaan akan cuaca ekstrim ini.

“Kita harapkan masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, sebab kita juga tidak tahu kapan cuaca buruk akan berakhir. Namun yang pasti kita semua harus berdoa agar cuaca ekstrim ini cepat berlalu, sehingga tidak berpotensi terjadi banjir besar lagi seperti yang sudah-sudah,” tutup Rudy Andreyas.

Untuk diketahui, bahwa perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), 25 November 2022, Kabupaten Sintang masih akan berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang dan lebat. Bahkan disertai kilat/petir dan angin kencang.

Adapun wilayah-wilayaj di Kabupaten Sintang yang berpotensi dilanda hujan tersebut diantaranya, Kecamatan Kayan Hilir dan Kayan Hulu, namun dapat meluas hingga ke Kecamatan Sintang Kota, Tempunak, Sepauk, Ketungau Hilir, Ketungau Tengah dan Ketungau Hulu, serta Dedai, Kelam Permai, Sungai Tebelian dan Binjai Hulu. (Dil)

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x