Selasa, 31 Januari 2023

Pantau Penyaluran dan Perbaiki Data Penerima Bansos

24 November 2022

Wakil DPRD Sintang, Heri Jambri

 

SINTANG, DN – Berbagai bantuan sosial yang diberikan pemerintah selama ini kerap menjadi permasalahan di tengah-tengah masyarakat. Hal itu dikarenakan timbulnya kecemburuan sosial, antara yang dapat dan tidak dapat.

Maka dari itu, untuk menghindari hal serupa, Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri meminta kepada Pemda Sintang melalui instansi terkait agar dapat melakukan pemantauan penyaluran bantuan sosial tersebut.

“Lakukan pemantauan setiap penyaluran dan pastinya harus di data kembali, agar penerima bansos tersebut benar-benar orang yang membutuhkan atau tepat sasaran,” ujar Heri Jambri kepada awak media beberapa waktu lalu.

Terlebih kata Heri Jambri bantuan-bantuan sosial yang disalurkan dari desa. Instansi terkait harus benar-benar melakukan pemantau dan pendataan lagi. Jangan sampai Kades mengunakan kekuasaannya hanya untuk memberikan orang-orang terdekatnya, sehingga bantuan tersebut tak tepat sasaran.

“Ini yang harus jadi perhatian. Sebab sudah sering kita temui, Kades hanya mendata keluarganya saja atau ada imbas politik karena tidak mendukung dia  di masa lalu sehingga tidak mendapatkan bantuan tersebut. Inikan sudah jelas-jelas salah dan menyalahi aturan yang berlaku. Orang yang memiliki mobil dan motor, malah dapat, tapi sebaliknya tidak. Makanya harus ada pantauan yang dilakukan instansi terkait,” tutur Heri Jambri.

Sementara itu, kata Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini, untuk bantuan sosial yang sifatnya dari Pemda, provinsi dan pusat ada data yang salah sehingga penyalurannya pun tak tepat sasaran dan ini perlu diperbaiki.

 “Sudah juga biasa kita temukan ada yang punya kemampuan ekonomi malah dapat, yang ekonominya ke bawah malah tidak dapat. Tentu ini ada yang salah, baik itu administrasi maupun data penerima bantuan. Makanya harus dijadikan perhatian serius agar tak lagi jadi kecemburuan sosial,” pungkasnya. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x