Rabu, 1 Februari 2023

Penolakan Pengurangan Satu Kursi DPRD Dapil Serawai-Ambalau Dinilai Sangat Beralasan

28 November 2022

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny

 

SINTANG, DN – Rencana pengurangan satu kursi DPRD Sintang untuk Dapil Serawai-Ambalau pada Pemilu 2024 mendatang ditolak secara tegas oleh masyarakat dua kecamatan tersebut.

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mengatakan, bahwa memang sangat beralasan penolakan yang dilakukan masyarakat tersebut. Meski pengurangan kursi ini baru tahap rencana dan belum diuji publik. Karena uji publik baru dijadwalkan bulan Desember mendatang.

“Persoalan ini kan karena data kependudukan. Memang benar juga tak mungkin dalam waktu beberapa tahun data kependudukan berkurang drastis sampai puluhan ribu. Data 2019 di Kecamatan Serawai-Ambalau penduduknya sekitar 40 ribuan lebih, kalau pun berkurang rentang waktu beberapa tahun ini pasti tidak akan banyak,” terang Florensius Ronny, ditemui usai audiensi bersama masyarakat Serawai-Ambalau, di ruang rapat DPRD setempat, Senin 28 November 2022.

Untuk itu, mereka menolak rencana pengurangan satu kursi tersebut. Karena jumlah penduduk di sana tidak sama dengan data yang dimiliki KPU. Bahkan masyarakat di sana juga membeberkan  bahwa masih banyak warga di dua kecamatan itu belum terdata.

“Jadi katanya banyak masyarakat di sana datanya belum terverifikasi atau  belum memiliki e-KTP, padahal seharusnya sudah memiiki. Hal tersebut dikarenakan Kecamatan Serawai-Ambalau memang jauh dari pusat kota Kabupaten Sintang,” terangnya.

Oleh karena itu, Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini meminta  kepada Disdukcapil Sintang, pihak desa dan kecamatan untuk dapat berkerjasama dalam mengatasi persoalan data kependudukan di Kecamatan Serawai-Ambalau ini.

“Kita minta harus segera ditindaklanjuti persoalan ini, agar permasalahannya cepat diselesaikan, karena banyak juga data dari kepala desa atau kecamatan yang tidak tersampaikan ke Disdukcapil,” pungkas politisi muda ini. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x