Selasa, 31 Januari 2023

Perjuangkan Hadirnya Tenaga Kesehatan untuk Desa Landau Panjang

26 November 2022

Aggota DPRD Sintang, Kusnadi

 

SINTANG, DN – Sangat miris, sudah hampir empat tahun Desa Landau Panjang, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang belum memiliki tenaga kesehatan. Padahal keberadaan tenaga kesehatan sangatlah dibutuhkan masyarakat.

Informasi tersebut didapatkan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kusnadi dari kepala desa setempat. Dijelaskan dia bahwa dari apa yang disampaikan Kades memang sudah empat tahun desa tersebut tidak memiliki tenaga kesehatan.

“Desa tetangga ada, tapi itupun terkadang sulit. Karena keterbatasan waktu sehingga sulit bagi masyarakat Desa Landau Panjang untuk memanggilnya kalau dibutuhkan,” ujar Kusnadi kepada sejumlah awak media, Jumat 25 November 2022 kemarin.

Terlebih kata Kusnadi tenaga kesehatan yang berada di desa tetangga Landau Panjang ini juga bekerja membantu di Puskesmas Sekubang. Makanya, sulit untuk membagi waktu.

“Kalau dipikir jaraknya tidak jauh dengan desa tetangga, hanya 2 km. Tapi ya tadi, karena keterbatasan waktu dan lain sebagainya, makanya sulit juga bila warga Desa Landau Panjang membutuhkannya,” tutur Kusnadi.

Untuk itu, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sintang agar dapat menempatkan tenaga kesehatan di Desa Landau Panjang.

“Permintaan tersebut sudah saya sampaikan langsung ke Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harysinto Linoh. Jawabannya akan segera dicarikan solusinya. Pak Sinto pun telah memerintahkan Kepala Puskesmas Sepauk untuk ditindaklanjuti,” terangnya.

Saat ditanya apakah saat ini sudah ada petugas kesehatan di Desa Landau Panjang setelah permintaannya kepada Kepala Dinkes Sintang. Kusnadi mengatakan, belum dapat memastikannya, karena dirinya belum turun kelapangan untuk mengecek itu.

“Sampai hari ini saya tidak tahu sudah ada apa belum. Tapi nanti akan kita cek lagi, kalau memang belum ada, akan kita perjuangkan lagi agar petugas kesehatan bisa ada di sana sesuai apa yang menjadi harapan masyarakat,” tutupnya. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x