Selasa, 31 Januari 2023

Persoalan Infrastruktur Dasar Terbentur dengan Anggaran Daerah yang Terbatas

15 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Zulkarnain

 

SINTANG, DN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Zulkarnain mengatakan, kendala yang dihadapi Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang untuk masalah infrastruktur, baik itu jalan dan jembatan terbentur dengan anggaran yang ada.

“Kita pahamilah bahwa anggaran Kabupaten Sintang saat ini terbatas. Kita pahami itu, makanya untuk memperbaiki infrastruktur dasar tersebut tak bisa sekaligus, harus bertahap. Karena anggaran daerah kita tak mencukupi,” ujar Zulkarnain kepada awak media, kemarin.

Kondisi keuangan daerah terbatas, salah satu penyebabnya kata Zulkarnain karena banyak dihabiskan untuk penanganan Covid-19 yang terjadi beberapa tahun belakangan ini. Sebab bukan hanya di Sintang. Tapi di seluruh daerah juga begitu, fokus penanganan Covid-19 ini.

“Memang saat ini Covid-19 sudah mulai mereda, namun kita ibaratkan orang sakit demam, kalau baru sembuh kadang masih menggigil, jadi butuh waktu untuk kembali normal. Begitu juga keuangan daerah. Makanya untuk mengatasi masalah infrastruktur ini, masyarakat patut bersabar,” harapnya.

“Saya yakin Pemda Sintang juga tidak tinggal diam dengan kondisi infrastruktur yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat, khususnya yang berada di pedalaman sana,” lanjutnya.

Diakui Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini, bahwa memang terkait infrastruktur dasar ini kerap menjadi keluhan masyarakat. Contohnya saja masyarakat Kecamatan Serawai dan Ambalau. Bahkan masalah ini sudah sering kali sampai ke telinganya.

“Memang kita akuilah infrastruktur di sana belum memadai. Sebab setiap saya reses di sana selalu yang menjadi keluhan utama yakni masalah infrastruktur dasar tersebut. Kita harapkan masyarakat akan tetap bersabar,” ucapnya.

Pada intinya, kata Zulkarnain, pihaknya juga akan membantu Pemda Sintang untuk mengatasi masalah infrastruktur dasar ini, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Sehingga masalah infrastruktur ini dapat segera ditangani.

“Kembali lagi tadi, intinya kita harapkan masyarakat bersabar. Karena kondisi saat ini memang sangat berat, karena anggaran terbatas tadi. Yang pasti kita di DPRD dan Pemda Sintang akan bekerjasama untuk mengatasi persoalan ini. Mudahan apa yang menjadi harapan masyarakat terkait infrastruktur yang memadai dapat segera terwujud,” tutupnya. (Dil) 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x