Selasa, 31 Januari 2023

Pertanyakan Standar Inflasi di Kabupaten Sintang

24 November 2022

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny

 

SINTANG, DN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mempertanyakan standar-standar yang diberikan untuk Kabupaten Sintang terkait masalah inflasi yang saat ini angkanya masih tinggi di Bumi Senentang.

“Sebenarnya kita harus tahu dulu standar-standarnya apa sehingga angka inflasi di Kabupaten Sintang ini tinggi. Itu yang harus kita ketahui. Bukan berarti melawan keputusan yang telah ditetapkan, tapi kita harus perlu tahu dan lihat juga standar-standar inflasi di Sintang ini untuk menentukannya,” ujar Florensius Ronny kepada awak media belum lama ini.

Ronny memberikan contoh, andai ikan baong dijadikan standar untuk inflasi di Kabupaten Sintang, tentu akan mempengaruhi tingkat inflasi. Karena diketahui ikan baong tersebut adanya musiman.

“Kalau bukan musimnya tentu harga melambung tinggi di pasaran. Sebab ikan baong ini musim banjir akan sulit untuk didapatkan. Oleh karena itu, kita harus tahu standarnya, kalau contohnya ikan baong pasti perlu perbaikan standar inflasi yang diberikan Kemendagri,” terangnya.

Kalau contoh ikan baong tadi, kata Ronny, bisa diganti dengan ikan yang mudah ditemukan, seperti nila, lele dan sebagainya. Dengan begitu pasti akan dapat mempengaruhi angka inflasi di Kabupaten Sintang.

“Contoh lainnya, Kabupaten Sintang ini ada beberapa sektor penghasil, tapi banyak juga sebagai penikmat, seperti ayam dan telurnya, kita di sini sebagai penikmat bukan penghasil. Untuk penghasilnya yakni Kota Singkawang,” terangnya.

Namun yang terjadi di lapangan, kata Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini,  Singkawang saja masih mengalami inflasi apalagi Sintang. Makanya kita harus memperhatikan aspek-aspek seperti itu terkait standar penetapan inflasi.

“Sekali lagi saya katakan kita bukan melawan keputusan yang telah ditetapkan. Tapi kita harus tahu standar-standar inflasi itu yang diberikan Kemendagri, sebab tidak bisa melihat dari satu aspek saja untuk menentukannya,” tutup Ronny. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x