Rabu, 1 Februari 2023

Ronny Imbau Desa Tingkatkan Sektor Wisata Melalui Bumdes

11 Desember 2022

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny

 

SINTANG, DN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mengatakan, bahwa sejauh ini belum ada desa di Bumi Senentang yang mengembangkan sektor pariwisata sebagai Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Setahu saya sejauh ini belum ada. Kalaupun itu  ada berarti belum terekspos. Nah untuk itu, saya mendorong desa-desa di Kabupaten Sintang ini yang memiliki potensi wisata yang menjanjikan agar bisa mengembangkan sektor tersebut melalui Bumdes,” ujar Florensius Ronny kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

Contohnya kata Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini di Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau. Di sana alamnya begitu indah, seperti air terjun dan lain sebagainya. Itu bisa dikelola dengan baik untuk dijadikan objek wisata yang dikelola dengan Bumdes.

“Faktor alam sudah mendukung, di sana memiliki air terjun yang begitu indah. Tentu kalau dikelola dengan baik, pasti akan memberikan dampak positif untuk perekonomian masyarakat di sana. Oleh karena itu, kita mendorong Pemerintah Desa bisa melihat potensi tersebut agar bisa dijadikan objek wisata yang dikelola oleh Bumdes,” tutur Politisi muda ini.

Terlebih kata Florensius Ronny, bahwa Kepala Desa (Kades) yang ada di Kabupaten Sintang ini beberapa waktu lalu sudah mengikuti kaji terap ke Desa Lemukutan yang berada di Kabupaten Bengkayang. Di sana terkenal dengan sektor pariwisatanya, jadi apa yang didapat Kades di sana saat kaji terap dapat mereka aplikasikan di desanya.

“Pasti kita dari DPRD Sintang juga akan ikut mendorong agar Kepala Desa beserta perangkatnya bisa menggali potensi-potensi wisata yang ada di desanya masing-masing. Saya yakin kalau dikelola dengan baik, maka dampaknya akan sangat positif sekali bagi kita semua,” jelas Ronny.

Ronny pun berharap, apa yang menjadi masukannya tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk desa-desa yang ada di Kabupaten Sintang ini. Karena ia menilai ini juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu di desa.

“Intinya untuk perkembangan desa juga, agar Bumdes juga tidak selalu bergerak di sektor ekonomi seputaran jual dan beli saja, tapi juga bisa bergerak di bidang jasa lainnya,” tukas Florensius Ronny. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x