Selasa, 31 Januari 2023

Ronny: Kelola Keuangan Desa Sesuai Peruntukannya

19 November 2022

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny

 

SINTANG, DN – Anggaran yang telah digelontorkan oleh Pemerintah Pusat (Pempus) untuk desa, diharapkan dapat dikelola dengan baik dan benar, sehingga tujuannya untuk membantu membangun desa lebih baik lagi dapat terealisasi.

Perihal tersebut diutarakan Ketua  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny. Ia meminta kepada Kepala Desa (Kades), khususnya yang ada di Bumi Senentang agar dapat mengelola anggaran yang telah diberi pemerintah itu sesuai dengan peruntukannya.

“Perhatian pemerintah pusat begitu besar untuk desa, makanya digelontorkan dana yang jumlahnya cukup besar. Tujuannya sudah tentu untuk membangun desa agar lebih baik lagi. Makanya kita harapkan anggaran yang besar itu benar-benar dapat dikelola sebaik mungkin oleh Kades, agar tujuan diberikannya anggaran itu dapat terealisasi,” ujar Florensius Ronny beberapa waktu lalu.

Jangan sampai kata Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini, ada niat tidak baik dari Kades untuk menyelewengkan anggaran tersebut. Sehingga anggaran yang diberikan tidak sesuai peruntukannya.

“Dampaknya sangat buruk, baik untuk kemajuan desa tersebut juga untuk Kadesnya sendiri kalau sampai berani menyelewengkan anggaran desa itu. Oleh karenanya, saya minta jangan sampai ada niat melakukan pelanggaran seperti itu,” jelasnya.

Ronny juga meminta, agar Kades bekerja sesuai sesuai aturan yang berlaku, jangan sampai keluar dari norma-norma yang telah ditetapkan. Semua itu demi kemajuan desa yang dipimpinnya dan juga pastinya untuk kepentingan masyarakat.

“Kades sudah diberi amanah oleh masyarakat agar dapat bekerja dan memberikan yang tebaik untuk membangun desa. Jadikan amanah tersebut untuk bekerja sesuai aturan yang berlaku, pergunakan anggaran yang telah diberikan untuk membangun desa demi kepentingan masyarakat,” terangnya.

Terlepas dari itu, Ronny juga mengatakan, bahwa untuk membangun desa tidak hanya berbicara perihal anggaran saja. Akan tetapi di dalamnya juga harus terbangun keadilan dan kedamaian, dengan begitu diyakininya pembangunan di desa akan berjalan sesuai harapan.

“Kades dan struktur pejabat desa lainnya harus dapat membangun kinerja yang berdasarkan keadilan dan kedamaian. Dengan begitu, kinerja untuk membangun desa akan tercapai. Pada intinya harus semangat dalam membangun desa,” tutup Ronny. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x