Rabu, 1 Februari 2023

Ronny: Tunggu Proses Pemeriksaan Selesai Baru Lanjutkan Pembangunan Jembatan Ketungau II

12 Desember 2022

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny

 

SINTANG, DN – Hingga saat ini Jembatan Ketungau II, yang berada di Kecamatan Ketungau Tengah belum bisa dilanjutkan kembali pembangunannya. Perihal tersebut dikarenakan jembatan itu masih dalam tahap proses pemeriksaan oleh Aparat Penegak Hukum (APH).

“Jadi terkait Jembatan Ketungau II ini proses hukumnya belum selesai, masih dalam tahap pemeriksaan oleh Polda Kalbar. Maka dari itu belum bisa dilanjutkan pembangunannya, karena harus menunggu hasil pemeriksaan selesai dulu,” ungkap Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny beberapa waktu lalu.

Florensius Ronny menjelaskan, bahwa permasalahan yang terjadi sebelumnya terkait pembangunan jembatan tersebut memang sudah menjadi ranahnya APH. Apabila nanti proses pemeriksaannya terdapat kerugian negara, berarti kontraktor atau pihak ketiga yang mengerjakannya mesti bertanggung jawab.

“Kita tidak tahu prosesnya seperti apa nantinya, bisa saja mengembalikan kerugian negara atau bagaimana, tentu itu ada pihak yang lebih berkompeten. Pada intinya kita berharap proses hukumnya cepat selesai, sehingga kita bisa kembali dapat melanjutkan pembangunannya, karena keberadaan jembatan ini juga sudah diharapkan masyarakat di sana,” terang Ronny.

Kalau prosesnya hukumnya sudah selesai, maka kata Politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini, pembangunannya akan kembali dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sintang.

“Kalau prosesnya hukumnya sudah selesai, bisa kita anggarkan lagi melalui APBD tahun mendatang. Maka dari itu, kita juga akan mendorong terus agar proses hukumnya cepat selesai,” tutup legislator muda ini.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bahwa Jembatan Ketungau II yang telah dianggarkan melalui APBD Kabupaten Sintang tahun 2017-2018 dengan total anggaran Rp 27 miliar pembangunannya dinilai mangkrak. Seharusnya pembangunan jembatan tersebut sudah selesai pada tahun 2019 yang lalu. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x