Rabu, 1 Februari 2023

Rp 163 Miliar Lebih Anggaran Pendapatan Daerah Sintang 2023 Tunggu Juknis Kementerian RI untuk Alokasinya

30 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Senen Maryono

 

SINTANG, DN – Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono menjelaskan, bahwa Rp 163 miliar lebih pendapatan daerah Kabupaten Sintang tahun 2023 belum dapat ditentukan alokasinya.

Perihal itu disebabkan karena belum ada petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI) untuk alokasi Rp 163 miliar lebih itu terkait kegiatan dan alokasinya untuk apa saja.

“Dana tersebut bersumber dari dana Transfer sesuai dengan surat Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI nomor : S-173/ PK/2022. Makanya kita harus menunggu juknisnya dulu, baru nanti bisa ditetapkan alokasinya untuk apa saja,” ucap Senen ditemui usai mejadi Juru Bicara (Jubir) hasil laporan Banggar DPRD Sintang pada rapat paripurna ke-15 masa persidangan ke-III tahun 2022, DPRD Kabupaten Sintang, Rabu 30 November 2022.

Dengan begitu, jelas Senen bahwa telah disepakati bersama, tambahan alokasi transfer Rp 163 miliar itu akan dibahas bersama antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Banggar DPRD Kabupaten Sintang.

“Pembahasan itu akan dilakukan setelah ada catatan hasil evaluasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimatan Barat terhadap rancangan APBD Kabupaten Sintang tahun 2023 atau setelah juknis dari Kementerian Keuangan RI,” terang Senen.

Maka dari itu jelas Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, bahwa pendapatan daerah Kabupaten Sintang yang berjumlah Rp 1 Triliun 994 Miliar lebih yang baru disepakati untuk belanja daerah baru Rp 1 Triliun 830 miliar lebih. Sisanya belum bisa dialokasikan.

“Sisanya yang belum disepakati untuk belanja daerah yaitu Rp 163 miliar lebih tadi. Tentu kita juga berharap, agar segera mendapatkan juknis untuk alokasi dana ini,” tutup Senen Maryono. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x