Selasa, 31 Januari 2023

Sembilan Raperda Akan Dibahas Tahun Ini, Tiga Diantaranya Inisiatif DPRD

17 November 2022

Wakil DPRD Sintang, Heri Jambri

 

SINTANG, DN – Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri mengatakan, bahwa akan ada 9 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang akan dibahas pihaknya tahun ini.

“Ada 9 Raperda yang akan dibahas, terdiri dari 6 usulan Pemda Sintang dan tiga Raperda inisiatif DPRD Sintang,” ujar Heri Jambri kepada media ini beberapa waktu lalu.

Sebenarnya jelas Heri Jambri ada 12 Raperda. Hanya saja tiga diantaranya dibatalkan. Tiga Raperda tersebut usulan Pemda Sintang.

“Makanya tinggal sembilan yang akan kita bahas. Sebenrnya total Raperda usulan Pemda Sintang itu ada sembalin. Tapi tiganya dibatalkan, jadi sisa enam Raperda,” tuturnya.

Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini juga membeberkan, bahwa adapun tiga Raperda usulan Pemda Sintang yang dibatalkan diantaranya Raperda tentang perubahan kedua atas peraturan daerah nomor 6 tahun 2012 tentang retribusi perizinan tertentu, kedua Raperda tentang pemberdayaan koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah.

“Terakhir Raperda tentang retribusi ,perpanjangan izin mempekerjakan tenaga kerja asing. Tiga Raperda itu yang dibatalkan,” tuturnya.

Sementara tiga Raperda inisiatif DPRD, Heri Jambri mengatakan, Raperda perlindungan dan pelestarian adat budaya daerah, pengelolaan usaha pembangunan dan pola kemitraan plasma perkebunan sawit dan Raperda penetapan tanah adat, mekanisme penerbitan surat pernyataan tanah, surat keterangan tanah dan pemanfaatannya.

“Raperda tentang perkebunan, tanah ulayat.Tiga Raperda inisatif itulah yang akan kita dengan enam Perda usulan Pemda Sintang,” jelasnya.

Jambri juga mengapresiasi dengan adanya Raperda inisiatif DPRD Sintang ini, sebab sudah 25 sejak dirinya menjadi anggota dewan, baru kali ini lagi ada Raperda inisiatif DPRD.

“Mudahan semua Raperda ini dapat dijadikan Perda. Terutama Perda inisiatif DPRD, karena Raperda tersebut memang dibutuhkan untuk masyarakat,” pungkasnya. (Dil) 17 november

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x