Rabu, 1 Februari 2023

Sengketa PT LJA dan Masyarakat Serawai, Ini Penjelasan Ronny

29 November 2022

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny

 

SINTANG, DN – Hingga saat ini persoalan yang terjadi antara pihak perusahaan PT Linggar Jati Allmansyurin (LJA) dengan masyarakat Kecamatan Serawai belum mendapatkan solusi untuk penyelesaiannya.

Bahkan diketahui permasalahan kedua bela pihak itu tampaknya semakin melihatkan ketegangan. Pasalnya, masyarakat Serawai yang menjadi ahli waris menurut pihak perusahaan Rp 500 juta. Sementara pihak perusahaan diketahui melaporkan kasus sengketa ini ke pihak kepolisian.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang mengatakan, bahwa kedua bela pihak memang berhak untuk mengambil langkah atau tindakan masing-masing. Tapi dengan catatan tentu tidak dengan cara yang menyalahi aturan.

“Pihak perusahaan mencari solusi dengan melalui hukum positif, sementara solusi dari ahli waris menuntut ganti rugi Rp 500 juta untuk mengembalikan secara ritual adat permasalah itu,” ujar Florensius Ronny, beberapa waktu lalu.

Pada intinya, kata Polisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini, pihaknya akan bekerja semaksimal mungkin sesuai tupoksinya untuk dapat membantu menyelesaikan persoalan ini dengan mencarikan solusi yang bisa diterima kedua bela pihak.

“Kita tidak bisa mengintervensi kedua bela pihak, tapi kita dari DPRD Sintang akan bekerja semaksimal mungkin untuk membantu menyelesaikan semua ini sesuai tupoksi kita,” terangnya.

Ronny juga menjelaskan, bahwa tuntutan ahli waris kepada pihak perusahan Rp 500 juta itu diketahui saat Komisi D DPRD Sintang dengan Ketua Tim Koordinasi Pembinaan Pembangunan Perkebunan Kabupaten (TKP3K), Melkianus, yang juga merupakan Wakil Bupati Sintang, pergi ke lapangan bertemu masyarkat di sana untuk mengetahui lebih lanjut permasalahan yang terjadi.

“Jadi dari hasil pertemuan itu ada tuntutan yang disampaikan ahli waris. Saya membaca salinan tuntutannya, kalau dirincikan kurang lebih Rp 500 juta,” katanya.

Sementara, tindakan yang diambil oleh pihak perusahaan, kata Ronny diketahuinya dari berita online yang beredar. Bahwa telah melaporkan ahli waris ke Aparat Penegak Hukum. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x