Selasa, 31 Januari 2023

Tekan Angka Stunting Perlu Kerjasama Semua Pihak

13 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Mainar Puspa Sari

 

SINTANG, DN – Berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang dalam menekan angka stunting mendapat apresiasi dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mainar Puspasari.

“Berbagai program-program yang telah dilakukan¬† Pemda Sintang sebagai upaya untuk menekan angka stunting patut kita berikan apresiasi. Salah satunya seperti beberapa waktu lalu mengukuhkan 14 duta 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) tingkat kecamatan,” ujar Mainar kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Hanya saja, Mainar berharap perlu ditingkatkan lagi upaya penekananya dengan berbagai cara. Bisa dengan gencar edukasi dan lain sebagainya. Mengingat angka stunting di kabupaten dengan julukan Bumi Senentang ini terbilang masih relatif tinggi.

“Tentunya kita berharap tetap lebih digencarkan lagi. Memang apa yang sudah dilakukan Pemda Sintang selama ini cukup baik. Namun upaya-upaya tersebut jangan terhenti sampai di situ saja. Perlu ada terobosan-terobosan baru yang dilakukan lagi, agar angka stunting di Sintang ini benar-benar menurun drastis,” harapnya.

Pihaknya kata Politisi Partai Demokrat ini juga akan membantu Pemda Sintang dalam menurunkan angka stunting tersebut. Tentu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) nya.

“Pasti kita juga akan turut serta membantu Pemda Sintang sesuai kemampuan kita. Intinya kita sama-sama bekerja untuk menekan angka stunting ini. Lebih gencar lagi dalam melakukan kampanye-kampanye tentang bahaya stunting tersebut kepada masyarakat,” tutur Mainar.

Terlepas dari itu, Mainar juga meminta kepada masyarakat, agar turut serta membantu menekan angka stunting. Salah satu caranya dengan menerapkan pola hidup sehat seperti anjuran yang telah diberikan oleh Pemda Sintang melalui instansi terkaitnya.

“Pada dasarnya semua elemen harus terlibat dalam membantu menekan angka stunting ini. Tidak bisa kita hanya mengandalkan Pemda Sintang saja. Banyak pun program Pemda Sintang dalam upaya menekan angka stunting ini, tapi kalau tidak dibarengi dengan hidup sehat masyarakat, pasti akan sulit juga untuk terwujud. Makanya harus semua elemen terlibat,” tutup Mainar. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x