Selasa, 31 Januari 2023

Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan, Sarana dan Prasarana Pendukung Harus Merata

20 November 2022

 

Anggota DPRD Sintang, Alpius

 

SINTANG, DN – Untuk meningkatkan mutu dan pemerataan pelayanan kesehatan di Kabupaten Sintang, hingga ke daerah pedalaman. Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang melalui instansi terkait diminta dapat memenuhi sarana dan prasarana pendukungnya.

Perihal tersebut disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Alpius. Ia menilai, agar terjadi pemerataan pelayanan dan mutu kesehatan, sarana dan prasarana pendukungnya, baik itu di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) maupun Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) harus merata.

“Sarana dan prasaran pendukung tersebut harus merata ke Puskesmas dan Puskesdes yang berada di daerah pedalaman dan perbatasan yang ada di Kabupaten Sintang. Ini yang harus diperhatikan Pemda Sintang melalui Dinas Kesehatan,” ujar Alpius kepada sejumlah wartawan beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, jelas Alpius masyarakat yang tinggal di pedalaman dan perbatasan akan dapat merasakan mutu pelayanan kesehatan seperti apa yang dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan.

“Jadi tidak ada alasan lagi bagi tenaga kesehatan untuk tidak bisa memberikan mutu pelayanan kesehatan yang maksimal kalau memang sarana dan prasarana yang dibutuhkan terpenuhi,” terang Alpius.

Terlebih kata wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Binjai Hulu-Ketungau Hilir-Kecamatan Kentungau Tengah ini, Puskesmas dan Puskesdes merupakan garda terdepan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dengan begitu perannya sangat penting bagi masyarakat.

“Makanya kita dorong terus Puskesmas dan Puskesdes ini dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Tentu kembali lagi, juga harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai tadi,” ucapnya.

Terlepas dari itu, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menuturkan, bahwa tenaga kesehatan juga harus bekerja secara profesional. Jangan sampai membeda-bedakan pasien yang ada.

“Maksudnya membeda-bedakan ini, terkadang ada tu yang dibedakan ini pasien BPJS, ini umum. Lalu pelayanan yang diberikan pun juga beda. Nah hal tersebut jangan sampai terjadi. Pasien harus sama-sama dilayani dengan baik dan benar oleh tenaga kesehatan. Karena itu sudah menjadi tanggung jawabnya,” pungkas Alpius. (dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x