Rabu, 1 Februari 2023

Tingkatkan Pengawasan Terhadap Penyaluran Bansos

11 Desember 2022

Anggota DPRD Sintang, Santosa

 

SINTANG, DN – Bantuan Sosial (Bansos) yang selama ini diberikan pemerintah untuk masyarakat kurang mampu, kerap terdengar terjadi penyelewengan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Berbagai cara terkadang dilakukan, agar oknum yang bersangkutan mendapatkan keuntungan dari penerima bansos tersebut. Padahal sudah jelas-jelas apa yang dilakukan menyalahi aturan yang berlaku.

Menangapi perihal tersebut, Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Sintang, Santosa mengatakan, apabila ditemukan oknum seperti itu harus dapat ditindak tegas sesuai aturan berlaku.

“Tindak tegas bila memang dinyatakan bersalah, atau dengan sengaja melakukan penyelewengan bantuan untuk masyarakat yang kurang mampu itu,” ujar Santosa kepada sejumlah wartawan, beberapa waktu lalu.

Karena dinilai Santosa, Bansos tersebut sudah jelas peruntukannya yakni untuk masyarakat kurang mampu atau biasa disebut Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jadi jangan sampai ada oknum yang berani atau dengan sengaja melakukan penyelewengan.

“Apa pun itu jenis bansos nya, baik itu BLT, PKH dan lain sebagainya, jangan sampai ada yang berani menyelewengkannya. Kita juga ketahui bersama, bantuan tersebut tidaklah begitu besar, kalau diselewengkan, kasian juga kepada penerima bansos nya,” tuturnya.

Untuk itu, Santosa juga meminta, agar dapat mengantisipasi penyelewengan itu terjadi, instansi terkait dalam hal ini Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sintang, harus meningkatkan pengawasan terhadap penyaluran bansos.

“Jadi harus lebih ditingkatkan lagi pengawasannya. Itu saya rasa salah satu upaya agar tidak terjadi penyelewengan bantuan yang diberikan pemerintah untuk masyarakat yang kurang mampu tersebut,” tutup Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x