Rabu, 1 Februari 2023

Tujuh Raperda Akan Dibahas DPRD Sintang 2023 Mendatang, Ini Kategorinya

28 November 2022

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny

 

SINTANG, DN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mengatakan, bahwa ada 7 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang akan dibahas tahun 2023 mendatang.

“Jadi ada 7 Raperda yang akan kita bahas. 5 atau 6 diantara Raperda yang akan dibahas sifatnya turunan dari peraturan yang lebih tinggi,” ujar Florensius Ronny, ditemui usai memimpin rapat paripurna dalam rangka penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kabupaten Sintang tahun 2023, Senin 28 November 2022.

Dijelaskan Florensius Ronny, bahwa 7 Raperda tersebut terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Raperda yang sifatnya inisiatif DPRD Sintang, Raperda berdasarkan kebutuhan atau desakan dari masyarakat dan yang terakhir Raperda bersifat taktis. Maksudnya taktis yakni turunan dari peraturan yang sifatnya lebih tinggi.

“Pastinya kita sangat berharap 7 Raperda ini yang nanti akan dibahas pada tahun 2023 mendatang, semuanya dapat disetujui menjadi Perda dan prosesnya dapat kita lalui sesuai rencana,” kata Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini.

Terlepas dari itu, Florensius Ronny juga menjelaskan, bahwa sebelum dibahasnya 7 Raperda ini pada tahun mendatang, maka ada aturan yang harus dilalui terlebih dahulu. Salah satunya harus melalui rapat paripurna Propemperda dulu.

“Nah rapat paripurna hari ini merupakan salah satu aturan yang memang harus kita laksanakan. Karena sebelum dibahas, terlebih dahulu sudah harus masuk dalam Propemperda DPRD Kabupaten Sintang,” terang Ronny.

Bahkan, proses tersebut dijelaskan Politisi Mudai ini, semuanya sudah harus dilakukan sebelum digelarkan Rapat Paripurna ketuk palu Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 yang batasannya hingga tanggal 30 November 2022 mendatang.

“Maka dari itu, rapat paripurna hari ini memang suatu proses yang harus kita lalui sebelum nantinya kita ketuk palu APBD 2023, tentu kita berharap semua prosesnya dapat berjalan lancar sesuai harapan kita sampai nanti Raperda ini bisa ditetapkan menjadi Perda,” pungkas Florensius Ronny. (Dil)

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x