Rabu, 1 Februari 2023

Usulan Pengangkatan PNS Tanpa Tes, Ini Tanggapan Sandan

12 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Sandan

 

SINTANG, DN – Terkait Tuntutan Forum Tenaga Honorer Kabupaten Sintang  yang meminta pengangkatan secara langsung tenaga honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tanpa tes berdasarkan masa kerja minimal 5 tahun dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) bagi yang masa kerja di bawah 5 tahun mendapatkan respon.

Respon tersebut diutarakan Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Sandan di depan para  puluhan Forum Tenaga Honorer saat menggelar audiensi dengan DPRD Sintang, beberapa waktu lalu.

Sandan menjelaskan, bahwa tuntutan pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS bukan wewenang Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang, melainkan Pemerintah Pusat (Pempus). Akan tetapi, pihaknya akan menampung usulan tersebut.

“Akan kita akomodir usulan itu dan akan kita usahakan agar apa yang menjadi tuntutan ini dapat kita sampaikan ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Demokrasi (Kemenpan RB),” ujar Senen.

Dijelaskan Sandan, bahwa untuk mengakomodir tuntutan tersebut, pihaknya bisa menyurati Bupati Sintang, Jarot Winarno melalui pimpinan DPRD Sintang.

“Mungkin nanti bisa melalui pimpinan DPRD Sintang bisa menyurati Pak Bupati, agar setelah itu Pak Bupati bisa menyurati Kemenpan RB, supaya usulan ini bisa terakomodir sesuai dengan apa yang menjadi harapan Forum Tenaga Honorer Sintang,” terang Sandan.

Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini menjelaskan, sebenarnya perihal tuntutan pengangkatan PNS ini, sudah sering disuarakan oleh pihaknya di DPRD Sintang. Hanya saja memang kembali ke persoalannya, yakni aturannya ada di Pemerintah Pusat.

“Jadi kita juga harus menyadari dan paham bahwa aturan tersebut bukan wewenang Pemda Sintang. Jadi kita tidak bisa berbuat banyak, selain melakukan koordinasi dengan Pempus melalui Kemenpan RB tadi. Mudahan saja, nanti usulan ini dapat menjadi pertimbangan Pemerintah Pusat,” tutup Sandan.

Sebagaimana diketahui, bahwa Forum Tenaga Honorer mendatangi kantor DPRD Sintang beberapa waktu lalu. Mereka ingin melakukan audiensi dengan wakil rakyat di parlemen Sintang itu. Dari hasil audiensi ada tujuh tuntutan yang mereka layangkan. Salah satunya terkait pengangkatan PNS  tersebut. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x