Rabu, 1 Februari 2023

Welbertus Beberkan Proses yang Harus Dilalui Raperda Inisiatif DPRD

29 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Welbertus

 

SINTANG, DN – Ketua Badan Pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus berharap tiga Raperda inisiatif dewan dapat disetujui menjadi Perda.

“Kita harapkan dapat disetujui menjadi Perda, karena Raperda ini saya pikir sangat dibutuhkan masyarakat keberadaannya. Oleh karena itu sudah selayaknya dapat disetujui menjadi Perda,” ungkap Welbertus kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Ditanya sudah sejauh mana prosesnya agar Raperda inisiatif DPRD Sintang tersebut bisa ditetapkan menjadi Perda, Welbertus berkata saat ini sedang dalam tahap proses perbaikan.

“Kita beberapa waktu lalu baru saja mengelar uji publik terkait Raperda ini. Dari hasil uji publik itu, ada beberapa poin yang harus kita perbaiki. Makanya sekarang dalam proses perbaikan,” ucap Welbertus.

Setelah dilakukan perbaikan, baru nanti kata Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini masuk ke tahap selanjutnya, yakni permintaan persetujuan dari Bupati Sintang, Jarot Winarno.

“Setelah kita lakukan perbaikan, Raperda ini kita sampaikan ke Bapak Bupati Jarot Winarno. Secepatnya proses perbaikan selesai, karena kita targetkan tanggal 1 atau 2 Desember kita sudah dapatkan persetujuan dari Bupati,” ungkapnya.

Setelah mendapatkan persetujuan Bupati Sintang, kata Welbertus masih ada beberapa tahap lagi yang harus dilalui. Yakni masuk ke proses Rapat Paripurna Panitia Khusus (Pansus) DPRD Sintang.

“Pansus nanti akan bekerja sekitar enam hari untuk Raperda ini. Setelah itu barulah tiga Raperda ini bisa kita dapatkan jawabannya, apakah bisa ditetapkan jadi Perda atau tidak. Tapi saya yakin tiga Raperda ini akan menjadi Perda,” tegas Welbertus.

Ia juga menjelaskan, bahwa melihat rentang waktu yang tersisa, dimana tutup anggaran jatuh pada tanggal 15 Desember 2022. Jadi Raperda ini harus segera cepat diselesaikan pengerjaannya.

“Kita harapkan dapat sesuai target lah. Mudahan saja semua dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah kita tetapkan,” tutup wakil rakyat Dapil Sintang Kota ini. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x