Kamis, 5 Mei 2022

Welbertus: UMKM Dapat Maju Jika ada Sinergitas dari Semua Pihak

5 Mei 2022

Welbertus

SINTANG, DN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus mengungkapkan bahwa dukungan pemerintah melalui kebijakannya sangat dibutuhkan untuk pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM), hal ini guna memperkuat kemajuan ekonomi daerah.

Menurutnya, UKM dapat maju jika ada sinergitas dari semua pihak, akan tetapi pemerintahlah yang akan menjadi fasilitatornya seperti memberikan kemudahan dalam perizinan dan akses untuk memperkuat modal usaha.

“Pengembangan Usaha Kecil Menengah sangat penting dilakukan karena mampu mengangkat dan menggali potensi daerah serta mampu menyerap tenaga kerja lokal,” kata Welbertus, Selasa (5/3/2022).

Selain itu, kata dia UKM juga dapat mendorong perekonomian tumbuh menjadi baik, tentu tidak cukup dilakukan secara stagnan, maka potensi tersebut harus digali secara optimal. Maka secara tidak langsung Kabupaten Sintang yang biasa dikenal dengan julukan Bumi Senentang ini menjadi potensial.

“Sekarang ini ada beberapa faktor yang mempersulit berkembangnya Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Sintang salah satunya adalah keterbatasan modal,” jelasnya.

Padahal, kemudahan mendapatkan modal juga sangat diperlukan berupa kredit lunas. Tak hanya itu, pembinaan dan pemberdayaan juga penting dilakukan. UKM juga butuh sentuhan yang memotivasi inovasi.

“Saat kunjungan kerja beberapa waktu lalu, saya juga membagikan sedikit langkah-langkah yang bisa diterapkan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan dalam meningkatkan Usaha Kecil dan menengah,” ujar Welbertus.

Langkah pertama, para pelaku UKM harus memiliki jiwa kepemimpinan dalam dirinya, sehingga ketika nanti memiliki karyawan dapat memimpin karyawan tersebut dengan baik dan benar.

“Kedua, pelaku UKM harus mau belajar tentang manajemen. Dengan modal knowledge manajemen, pelaku UKM diharapkan mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada dan dapat mengurangi resiko kerugian yang mungkin terjadi,” terang Welbertus.

Langkah Ketiga, para pelaku UKM harus melakukan marketing dan branding. Dua faktor ini sangat penting dalam tumbuh kembangnya sebuah usaha baik skala besar ataupun skala kecil.

“Yang terakhir, pelaku UKM harus mampu beradaptasi dengan kondisi pasar, Kemampuan ini akan membuat UKM dapat bertahan dan dapat berkembang ke arah yang lebih baik,” tukasnya.(*)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x