Selasa, 31 Januari 2023

BPBD Sintang Diminta Siap Siaga Tangani Banjir

23 November 2022

Anggota DPRD Sintang, Mainar Puspa Sari

 

SINTANG, DN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sintang diminta selalu siap siaga dengan kondisi banjir yang saat ini masih melanda beberapa wilayah yang ada di Bumi Senentang.

Perihal tersebut disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari. Dirinya meminta agar BPBD Sintang dapat meningkatkan siaga dengan terus melakukan pemantauan di sejumlah kawasan pemukiman warga yang sampai saat ini masih terdampak banjir.

“Semua itu dilakukan agar dapat mengantisipasi sejak dini hal-hal terduga yang akan terjadi. Kalau pemantau terus dilakukan akan memudahkan untuk mengetahui kondisi di lapangan. Contohnya, apabila kondisi air terus¬† Meningkat, maka BPBD Sintang dapat segera melakukan proses evakuasi terhadap masyarakat terdampak banjir tersebut,” terang Mainar kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

Hal seperti itulah kata Mainar yang memang harus dilakukan. Semua itu sebagai upaya untuk menanggulangi bencana alam yang belum diketahui kapan akan berakhir ini.

“Masyarakat kita juga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Karena kita ketahui belakangan ini cuaca juga cukup ekstrim. Hujan dengan intensitas tinggi melanda beberapa hari belakangan. Pada intinya kita harus sama-sama meningkatkan kewaspadaan dan siap siaga terhadap banjir ini,” harapnya.

Terlepas dari itu, Politisi Partai Demokrat ini juga meminta kepada Pemda Sintang untuk dapat memaksimalkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir. Karena bantuan tersebut sangatlah dibutuhkan bagi masyarakat.

“Banjir ini melumpuhkan ekonomi masyarakat terdampak. Mereka tidak bisa berbuat apa-apa karena harus menjaga rumahnya dari banjir dan lain sebagainya. Makanya bantuan dari Pemda Sintang ini sangat diharapkan oleh mereka,” terang Mainar.

Dengan bantuan itu, maka kata Mainar akan sedikit meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana banjir ini. “Kita juga berharap banjir ini cepat berlalu, sehingga masyarakat dapat beraktifitas seperti sedia kala,” tutupnya. (Dil)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x